oleh

Kapal Motor Cepat Kodam Jaya Tenggelam di Kepulauan Seribu, 65 Penumpang Selamat

PENANEGERI, Jakarta- Kapal Motor Cepat (KMC) milik Kodam Jaya dengan nomor lambung AD-16-05 mengalami musibah tenggelam di Kepulauan Seribu, Senin (12/3).

Kecelakaan atau musibah di laut ini terjadi di perairan Jakarta-Kepulauan Seribu, Senin (12/3/2018) menimpa Kapal Motor Cepat (KMC) milik Kodam Jaya yang tenggelam akibat mengelami kerusakan serta kemungkinan juga akibat dihantam gelombang.

Peristiwa tenggelamnya KMC sekitar pukul 11.00 WIB sedianya kapal hendak menuju ke  Pulau Seribu untuk pengamanan hari ulang tahun (HUT) ke-72 Persatuan Isteri Prajurit (Persit).

Kapal KMC AD-16-05 itu berangkat dari Dermaga Bataliyon Air 4 Jalan RE Martadinata No 2B Tanjung Priok, Jakarta Utara, sekitar pukul 06.45 WIB.

Di tengah perjalanan, kapal yang biasa disebut KMC Comando itu mengalami kerusakan pada mesin. Kapal terombang-ambing di perairan.

Pukul 10.15 WIB, kapal cepat lain, KMC AD-04-15 merapat ke kapal KMC AD-16-05 untuk melakukan evakuasi. Seluruh penumpang segera dipindahkan ke kapal AD-04-15.

Saat proses evakuasi, tepatnya sekitar pukul 11.10 WIB, kapal KMC AD-16-05 tenggelam, dan 65 orang penumpang berhasil dievakuasi dan diselamatkan.

Tim dari RSUD Kepulauan Seribu juga menuju ke lokasi tenggelamnya kapal untuk membantu pertolongan pertama.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Saat ini peristiwa tenggelamnya kapal cepat milik Kodam Jaya itu masih dalam penyelidikan.

Persitiwa tenggelamnya kapal cepat ini dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayor Jenderal Sabrar Fadhilah.

“Peristiwanya itu benar,” ujar Mayor Jenderal Sabrar Fadhilah saat dikonfirmasi wartawan, Senin (12/3/2018).

“Saya mendapat laporan bahwa saat ini evakuasi sudah selesai,” ujar  Kapuspen Mayjen Sabrar Fadhillah.

Mayjen Sabrar Fadhillah menjelaskan bahwa semua awak kapal dan penumpang yang berjumlah 65 orang selamat.

Kapuspen Mayjen Fadhillah menjelaskan saat ini sedang dalam proses pengumpulan data ulang atas peristiwa tenggelamnya kapal motor cepat tersebut. (*)

 

saksikan videonya :

Komentar

Berita Terbaru