oleh

Kapolri : Bersihkan Stasiun, Terminal, dan Bandara dari Tindak Kriminal

PENANEGERI, Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah menginstruksikan pada seluruh jajaran Kepolisian agar membersihkan stasiun, terminal, pelabuhan, maupun bandara dari segala tindakan kriminalitas.

Bahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga tidak segan-segan untuk mencopot Kapolsek hingga Kapolres bila masih ada tindak kriminalitas di stasiun, terminal, pelabuhan, maupun bandara, terutama saat pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018.

Perintah tegas tersebut untuk menjaga stabilitas keamanan menjelang Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Saya sampaikan, kepada kapolres, kapolsek, bersihkan semua tempat dari calo, copet, tukang todong, jambret, tukang bius, semua preman dan segala macamnya,” ujar Jenderal Tito Karnavian saat dijumpai di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (6/12).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan tidak akan segan-segan mencopot kepala satuan wilayah tersebut jika masih ada laporan terjadi tindak kriminalitas jalanan dan kejahatan di tempat-tempat umum seperti stasiun, pelabuhan maupun bandara saat pengamanan.

“Yang enggak bisa, saya copot,” tegas Jenderal Tito.

Selain itu, dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018, berbagai hal yang harus diantisipasi dalam pengamanan tersebut yakni ancaman aksi terorisme, arus mudik dan balik.

Baca Juga  Kapolri : Reuni 212 Tak Jauh dari Politik

Selain itu Polri juga akan bertindak tegas jika ada tindakan sweeping yang mengarah pada pelanggaran hukum saat Hari Raya Natal.

“Enggak boleh ada sweeping segala macam. Kalau ada yang melanggar, lakukan penegakan hukum,” kata Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, hari Rabu (6/12).

Pola pengamanan pada Natal dan Tahun Baru 2018 ini akan dilakukan sama persis dengan saat Lebaran.

Kemudian, lanjutnya, kriminalitas seperti tindakan copet, preman, calo, maupun pembiusan akan dibersihkan. Operasi akan dilakukan di terminal, stasiun, maupun bandara.

Kapolri juga memastikan telah berkoordinasi dengan institusi lain, seperti TNI, pemerintah provinsi/kota/kabupaten, atau kementerian terkait mengenai pengamanan.

Guna operasi pengamanan libur Natal dan Tahun Baru, Kapolri akan menggelar rapat dengan institusi-institusi terkait lainnya.

Rapat koordinasi itu juga akan membahas mulai dari pengamanan harga bahan pokok hingga pengamanan berbagai obyek vital nasional. (*)

Komentar

Berita Terbaru