oleh

Kenali 5 Tanda Ini Sebelum Anak Kecanduan Gadget!

PENANEGERI, Kesehatan – Pada zaman sekarang ini ada satu kesalahan yang sering dilakukan para orang tua dalam mendidik anak-anak mereka. Kesalahan itu yakni dengan memberikan gadget supaya anak tenang dan tidak rewel.

Bisa dilihat saat ini, sering dijumpai bayi atau balita yang sudah sibuk dengan gadget di tangannya. Dewasa ini, sulit ditemukan anak-anak kecil bermain bola, bersepeda bersama teman-teman mereka di luar rumah. Kebanyakan dari mereka lebih senang berada di dalam rumah dengan gadget di tangannya.

Memang perkembangan teknologi diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia. Namun selain berbagai manfaat yang diberikan sebuah gadget, teknologi itu juga membawa efek buruk khususnya bagi anak-anak. Anak-anak sangat mudah mempelajari hal baru. Begitu mereka bisa menggunakan gadget, maka tidak akan lepas dari teknologi itu.

Salah satu ancaman parah gadget pada anak-anak adalah kecanduan gadget. Jika orang tua tidak mengawasi dengan benar pemakaian gadget pada anak mereka, kecanduan gadget ini dapat berakibat pada terganggunya kesehatan mental dan tumbuh kembang pada anak.

Tentu para orang tua tidak mau anak mereka tidak berkembang dengan normal, dong? Oleh karenanya, perhatikan tanda-tanda pada anak yang mulai kecanduan gadget yang

Waspada Anak Kecanduan Gawai

Sulit diajak ngobrol

Anak yang fokus pada gadgetnya jadi cuek dengan sekitar. Bahkan dia tidak menyahut jika ada yang mengajak berbicara. Lain ceritanya jika bahan yang diobrolkan mengenai gadget dan game, si anak ini akan menyahut.

Dia tidak peduli dengan topik lain, yang dibicarakan selalu tentang game, gadget, dan teknologi. Ini adalah gejala awal seorang anak kecanduan gadget.

Malas melakukan aktivitas lainnya

Ketika seorang anak sudah mengenal asyiknya dunia gadget, maka dia tidak mau melakukan aktivitas lain. Hanya ingin bermain gadget terus tiap harinya. Dia malas keluar rumah untuk bermain dengan teman-teman lainnya.

Sosialisasinya pun berkurang karena sibuk dengan gadget sendiri. Parahnya lagi si anak mulai malas mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas dari sekolah hingga mulai sering membolos sekolah.

Mudah marah jika tak diizinkan main gadget

Saat ini mudah ditemukan anak-anak di bawah lima tahun yang sudah begitu akrab dengan gadget. Kondisi ini pun terjadi hampir di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia.

Seorang anak perempuan berusia 4 tahun di Inggris telah kecanduan iPad dan harus dirawat oleh psikiater. Gadis cilik ini digambarkan terobsesi dengan iPad. Saat iPad-nya diambil, dia akan mengamuk, tidak dapat dihibur, dan tidak mampu mengontrol tingkah lakunya.

Sering membantah

Ketika aktivitas bermain gadget diganggu, kesenangan anak akan terusik. Awalnya mereka akan marah lalu berlanjut jadi sering membantah dan bikin alasan pembenaran. Perilaku anak bahkan bisa makin agresif bila tingkat ketergantungannya pada gadget sudah sangat parah.

Baru-baru ini ada kasus anak SMP yang kecanduan gadget hingga sering membenturkan kepalanya ke tembok jika dilarang bermain gadget. Hingga akhirnya pelajar itu dibawa ke rumah sakit dan harus dirawat oleh psikiater.

Dapat dilihat dampak buruknya gadget ini pada mental dan kejiwaan seorang anak. Anak hanya bisa tenang jika sudah diberi gadget, ini tandanya kecanduan gadget sudah masuk tahap parah.

Sering berbohong

Biasanya karena takut dimarahi, anak akan berbohong dengan menyembunyikan gadget lalu menggunakannya diam-diam. Sebagai orang tua, jika tahu anak mulai sering berbohong, sebaiknya jangan langsung memarahinya. Hal ini justru membuat anak berontak. Lakukan pendekatan untuk membantunya mengatasi ketergantungannya bermain gadget.

Di sinilah peran orang tua sangat penting dalam memonitor penggunaan gadget pada anak. Jangan sering-sering memberikan gadget hanya supaya anak tenang. Hal itu yang memicu kecanduan pada anak.

Komentar

Berita Terbaru