oleh

Kepala Kerucut Sebagai Kebudayaan yang Mematikan

PENANEGERI, Budaya – Memiliki kepala dengan bentuk yang menyerupai kerucut maupun bentuk yang menonjol ke arah atas pada umumnya akan dilihat pada saat menonton film jenis fiksi.

Umunya kepala yang menonjol ke atas ini dapat dengan mudah ditemukan pada saat  melihat film dengan tema alien. Ada film yang menyajikan kepala bentuk aneh ini dengan judulnya yaitu Alien VS Predator.

Tapi siapa sangka ternyata bentuk kepala aneh dengan arah tonjolan ke atas ini ada dalam kenyataan. Dan perlu diketahui bentuk kepala yang aneh ini bukan sebuah kepala yang ada sejak lahir dan bukan pula sebuah kelainan pada genetik.

Hal ini ada karena sebuah tradisi kebudayaan dari masyarakat yang memang sengaja membuat kepalanya memiliki bentuk menonjol ke atas dan tidak seperti manusia pada umunya.

Seputar Kebudayaan Mengikat Kepala yang Mematikan

Tradisi yang Ada Sejak Dulu

Cara dengan membuat bentuk kepala adalah sebuah cara yang memang telah menjadi salah satu tradisi dai kebudayaan sejak dahulu kala. Pendapat ini telah terbukti dengan ditemukannya berbagai macam temuan yaitu berupa tengkorak manusia dengan bentuk yang memanjang.

Sebuah Modifikasi Kepala

Beberapa antropologi yang merasa penasaran kemudian meneliti temuan tengkorak yang aneh tersebut. Pada akhirnya para antropologi ini menyatakan bahwasanya bentuk kepala manusia yang aneh dengan bentuk memanjang tidak ada karena bawaan lahir namun justru ada karena tradisi dari budaya yang ada.

Tradisi ini adalah mengubah sebuah bentuk dari tengkorak yang asli dan dikenal dengan sebutan modifikasi tengkorak.

Penemuan praktik budaya ini di berbagai suku pada dasarnya memang belum secara pasti diketahui mengenai suku yang pertama kali menggunakan cara berbahaya ini.

Namun ternyata sudah banyak juga yang memulai praktik untuk menonjolkan kepala. Beberapa daerah yang sudah mempraktikkannya adalah suku Chinookan yang ada di Amerika Utara, kemudian suku Hun yang ada di Asia dan suku Mangbetu yang ada di Afrika.

Beberapa orang yang sudah mati juga memiliki tengkorak bentuk lonjong dan sudah ditemukan pada daerah Meksiko serta Australia.

Cara Dalam Memodifikasi Tengkorak

Dari beberapa macam kebudayaan yang mempraktikkannya ternyata teknik yang digunakan mereka dalam memodifikasi tengkorak memang sangat jelas terlihat hampir sama. Cara ini sudah dilakukan sejak anak lahir.

Kepala bayi ini langsung dimodifikasi dengan cara mengikatkan dua papan kayu sampai tengkorak kepala dari bayi bisa tumbuh menonjol.

Lama Waktu Penjepitan Kepala

Proses dalam penjepitan kepala bayi ini memang akan berlangsung paling sedikit adalah 6 bulan yang pertama. Bahkan juga dapat dilakukan hingga bayi berumur bertahun-tahun, lama proses ini bertujuan untuk menonjol bentuk kepala secara sempurna.

Praktik berbahaya satu ini pada kenyataannya bisa membuat potensi kematian yang terjadi anak-anak. Hal ini dibuktikan dari banyaknya penemuan adanya tengkorak dari anak-anak dengan bentuk menonjol.

Arti dari Sebuah Suku

Praktik kebudayaan yang mematikan ini ternyata adalah gambaran arti sendiri untuk suku yang memakainya. Seperti suku yang ada di daerah Chinook di Amerika Utara, mereka menganggap kepala menonjol merupakan sebuah lambang elit sosial.

Meskipun pada praktiknya cara ini memang telah jarang ditemui namun pada kenyataannya memang masih ada berbagai suku yang ada di dunia dan sampai saat ini masih menerapkan adanya praktik menjepit kepala agar bisa mendapatkan bentuk kepala lonjong. Salah satunya adalah suku yang berada pada pulau Vanuatu. Pulau yang letaknya berada di daerah Pasifik Selatan.

Komentar

Berita Terbaru