oleh

Kerusuhan di Lapas Klas IIA Banda Aceh Berujung Pembakaran

PENANEGERI, Banda Aceh – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas IIA Kota Banda Aceh rusuh hingga berujung pembakaran, Kamis (4/1) sekitar pukul 11.45 WIB. Kerusuhan diduga karena adanya petugas yang hendak memindahkan tiga narapidana ke Lapas Tanjung Kusta, Sumatera Utara karena sering mengajukan izin keluar tahanan.

Mendengar kabar tersebut, para narapidana histeris dan membuat kerusuhan di dalam Lapas hingga membakar sejumlah barang inventaris yang berada di dalam Lapas diikuti dengan pelemparan batu.

Amatan Penanegeri.com, sekitar pukul 12.00 WIB, Aparat Keamanan TNI/Polri tiba dilokasi guna melakukan pengamanan di sekitar Lapas. Terlihat aparat keamanan dan pemadam kebakaran mengalami kesulitan untuk madamkan api dikarenakan adanya pelemparan batu dari dalam Lapas.

“Kita kesulitan menjangkau titik api, napi terus melakukan pelemparan baru dari dalam LP,” tutur seorang pemadam kebakaran kepada Penanegeri.com di lokasi.

Sekitar pukul 12.40 WIB, napi telah berhasil membobol dan melewati dua pintu yang ada didalam Lapas.

“Pintu yang ada di dalam Lapas ada tiga, untuk melarikan diri para narapidana tersebut tinggal melewati satu pintu lagi,” ujar salah seorang petugas Lapas.

Baca Juga  Direktur RSUD Aceh Tamiang Mengundurkan Diri, Gadjah Puteh : Kok Baru Sekarang

Beberara saat kemudian, puluhan personel Brimob Polda Aceh yang tiba dilokasi lebih awal berhasil memasuki pintu utama Lapas.

Pantauan Penanegeri.com, salah seorang anggota Lapas yang tengah bertugas piket terkena lemparan batu oleh para narapidana yang berada di dalam Lapas.

Hingga berita ini diturunkan, aparat keamanan masih terus melakukan pengamanan dan mengendalikan aksi brutal para napi Lapas Klas IIA Kota Banda Aceh.

Komentar

Berita Terbaru