oleh

Kerusuhan Napi Teroris di Mako Brimob Berhasil Ditanggulangi

PENANEGERI, Depok – Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menegaskan tindakan penanggulangan kerusuhan dan ‎pembebasan sandera di Rutan Cabang Salemba Komplek Mako Brimbob Kelapa Dua Depok telah berakhir pada hari Kamis (10/5) tepat pukul 07.15 WIB.

“‎Alhamdulillah kita dapat menanggulangi ini dan ini operasi sudah berakhir pada pukul 07.15 WIB,” tegas Wakapolri Komjen Pol Syafruddin dalam jumpa pers di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis (10/5).

Seluruh tahanan sebanyak 155 orang telah menyerahkan diri.

“99 Persen seluruhnya bisa terselesaikan tanpa ada korban lagi. Ini masih proses sterilisasi. Seluruh napi telah menyerahkan diri,” tegasnya.

Kerusuhan dan penyanderaan di Rutan Cabang Salemba Komplek Mako Brimbob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat oleh napi teroris (napiter) telah selesai, dan sejumlah 155 napi teroris telah menyerahkan diri hari Kamis (10/5).

Keterangan Menko Polhukam

Sementara itu, dalam keterangannya, Menko Polhukam Wiranto dalam jumpa pers menyatakan bahwa setelah diultimatum, 145 napi langsung menyerahkan diri tanpa syarat.

Sedangkan 10 napi yang sebelumnya sempat nekad melawan, akhirnya juga menyerah kepada petugas kepolisian. Jadi total 155 pelaku telah menyerah tanpa syarat kepada petugas keamanan.

Baca Juga  Polisi Telah Kendalikan Situasi di Mako Brimob

Menko Polhukam Wiranto menegaskan bahwa pada hari Kamis (10/5) sebelum fajar pelaku kerusuhan telah menyerah tanpa syarat kepada petugas.

“Pelaku kerusuhan adalah terorisme dalam tahanan yang seharusnya mereka sadar akan perbuatannya, namun justru melakukan kekejaman dengan merampas senjata, menyandera, menyiksa bahkan membunuh petugas dengan cara-cara keji melampaui batas kemanusiaan,” ujar Menko Polhukam Wiranto dalam keterangan persnya, Kamis (10/5).

Menko Polhukam Wiranto juga menegaskan bahwa operasi berjalan dengan baik, tanpa adanya jatuh korban tambahan.

Rencananya 155 napi teroris itu akan dipindahkan ke tempat lain.

Dalam jumpa pers ini Menko Polhukam Wiranto didampingi Panglima TNI, Kepala Staf Kepresidenan, Kepala BNPT, Kepala BIN dan Wakapolri. (*)

Komentar

Berita Terbaru