oleh

KIP Aceh Kembali Perbaiki Hampir Setengah Juta Data Pemilih

-Aceh-35 views

PENANEGERI, Banda Aceh – Setelah beberapa kali upaya penyempurnaan, kini KIP Aceh kembali melakukan perbaikan terhadap hampir setengah juta data pemilih di Provinsi Aceh.

Penyempurnaan dan perbaikan data pemilih yang mencapai 456.512 ini merupakan sejumlah data dari masing-masiing 399.180 data pemilih hasil rekomendasi Admindum Dirjen Kemendagri RI, dan data ganda sebanyak 44.778 serta data anomali sebanyak 22.554.

“Sejumlah data tersebut semuanya sudah diturunkan untuk 23 kabupaten/kota seluruh Aceh, guna perbaikan dan pencermatan kembali,” sebut Komisioner KIP Aceh, Agusni, AH, kepada Penanegeri.com, Jumat (19/10).

Ia menjelaskan, pencermatan lewat verifikasi administrasi dan verifikasi vaktual yang dilakukan masing-masing KIP kabupaten/kota bersama setiap PPK tingkat kecamatan dan PPS tingkat gampong dengan melibatkan Panwaslih disemua level dan pemerintah setempat, diharapakan bisa selesai awal November 2018 mendatang, mengingat tgl 15 November akan pleno tingkat nasional.

Karenanya, sambung Agusni, KPU RI bersama KPU/KIP Provinsi telah melakukan sebuah langkah penting dan strategis lewat mendirikan posko layanan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), agar setiap masyarakat yang sudah memenuhi syarat untuk memilih namun belum masuk dalam daftar pemilih, sehingga bisa melapor kepada petugas pada setiap posko GMHP dimaksud.

Baca Juga  KIP Aceh Tetapkan DPTHP Sebanyak 3.441.039 Pemilih

“Ada sebanyak 6 ribu lebih posko GMHP ini telah didirikan diseluruh Provinsi Aceh, untuk itu diharapkan semua pihak ikut ambil bagian dalam upaya pemutakhiran data pemilih agar mengahsilkan data yang lebih valid,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru