oleh

KIP Bireuen Bekali Kalangan Perempuan Dalam Memilih

PENANEGERI, Bireuen – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen kembali menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi kalangan perempuan, Rabu (17/10).

Agenda itu dibuka Komisioner KIP, Amiruddin SE selanjutnya dipandu oleh Edi Safwan SE. Sementara pemateri sosialisasi tersebut antara lain Komisioner KIP, Tgk Muhammad Basyir, SH.I serta Ketua KIP Bireuen, Agusni SP. M.Si.

Komisioner KIP, Edi Safwan dalam arahannya menyampaikan, kalangan perempuan memiliki hak yang sama seperti kalangan lelaki. Begitu juga di partai politik, kalangan perempuan harus memenuhi kuota 30 persen sebagai calon legislatif.

Di bagian lain Muhammad Basyir mengungkapkan, partisipasi perempuan sangat menentukan dalam pemilihan. Dengan partisipasi perempuan, maka peningkatan pemilih tahun 2019 akan bertambah dibandingkan 2014 lalu.

“Pemilu 2019 ini akan serentak, baik unsur penyelenggaraan pemilu, mulai KPU, Bawaslu serta DKPP, dan ini tertuang pada UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, include dalam penyelenggara dan penyelenggaraan,” katanya.

Saat ini jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), di Kabupaten Bireuen sebanyak, 301,028, untuk perempauan sebanyak 155.496 perempuan, sementara lelaki 145.532 orang. Kondisi ini, partisipasi masyarakat sangat menentukan baik untuk  DPRK, DPRA, DPD dan DPR RI serta presiden.

Baca Juga  Libatkan Relawan Duta Wisata, KIP Bireuen Sosialisasikan Gerakan Melindungi Hak Pilih

”Maka pilihlah calon anggota dewan yang berbobot, nantinya dapat memperhatikan kepentingan rakyat, termasuk kalangan perempuan. Sedangkan tugas dewan itu nantinya mengawasi kinerja pemerintah, mulai sektor ekonomi dan pembangunan lainnya,” ujaranya.

Sementara itu, Ketua KIP Bireuen, Agusni SP. M.Si menjelaskan, kalangan perempuan tetap harus cerdas berdemokrasi. Dengan keterwakilannya perempuan 30 persen, maka pemilu 2019 lebih menguat, penempatan nomor urut perempuan sudah ditentukan yakni tiga caleg lelaki, satu caleg dari perempuan.

“Saat ini perempuan tidak harus dinomor duakan,  atau sebagai pelengkap. Sekarang jumlah caleg DPRK Bireuen Pemilu 2019 sebanyak 526 orang, 37 persen  kalangan perempuan yakni 197 orang,” jelasnya.

Bagi kalangan perempuan yang telah wajib memilih bisa mengecek, apa sudah terdaftar di DPT atau tidak, baik di posko-posko, kantor keuchik atau petugas dan bisa juga mengecek di website KPU, www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

“Kita berharap, kalangan perempuan memiliki keyakinan, aktif  dalam berpolitik itu sangat penting. Belakangan ada rasa ketakutan, karena selalu dianggap kalau perempuan masih tabu di dunia politik,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru