oleh

KIP Bireuen Sosialisasi Pemilu 2019 Bagi Pemilih Pemula

PENANEGERI, Bireuen – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen melakukan sosialisasi pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) 2019 kepada pemilih pemula, sasaran utama bagi siswa di sejumlah sekolah di kabupaten setempat.

Sejauh ini, Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019 di Kabupaten Bireuen sebanyak 301.719 orang, 14 ribu orang diantaranya merupakan pemilih pemula.

Ketua KIP Bireuen Agusni SP, M.Si kepada Penanegeri.com, Minggu (30/9) menyebutkan, kegiatan sosialisasi pemilu bagi pemilih pemula berlangsung secara bertahap, sesuai dengan kesiapan sekolah, dan jadwal narasumber dari KIP Kabupaten Bireuen.

“Sosialisasi yang kita lakukan ini, untuk memberikan pemahaman tentang cara memberikan suara, apa lagi pemilih pemula ini belum pernah terlibat sebagai pemilih sebelumnya,” kata Agsuni.

Dari 10 sekolah yang direncanakan, tambah Agusni empat sekolah di Kabupaten Bireuen dan 2 perguruan tinggi seperti Universitas Almuslim dan IAI Al Aziziyah Samalanga telah dilaksanakan secara bertahap.

Selama sosialisasi yang dilaksanakan, pesertanya 50 sampai 100 orang sesuai kapasitas tempat, sasaran utama bagi siswa yang sudah berumur 17 tahun pada saat pemungutan suara di laksanakan.

Baca Juga  Libatkan Relawan Duta Wisata, KIP Bireuen Sosialisasikan Gerakan Melindungi Hak Pilih

Dengan sosialisani dan meterinya, kita mengajak pemilih tidak apatis terhadap pemilu, tetap datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), guna memberikan hak pilih sesuai pilihannya baik DPRK, DPRA, DPR RI, DPD serta Presiden dan Wakil Presiden.

“Tujuan utama, kita mengajak pemilih pemula ini untuk menjadi terdepan untuk menyampaikan kepada keluarga, teman dan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya, tentang pentingnya menggunakan hak pilih pada pemilu depan,” pungkas Agusni.

Komentar

Berita Terbaru