oleh

KIP Langsa Diminta Independen dalam Tegakan Aturan

-Aceh-112 views

PENANEGERI, Langsa – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa sebagai penyelenggara diminta benar-benar independen dalam menegakkan aturan dalam Pemilu 2019.

Permintaan itu disampaikan, Koordinator Daerah Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kota Langsa, Marida Fitriani, MP, kepada Penanegeri.com, Kamis (1/11).

Ia menjelaskan, tahapan kampanye Pemilu presiden dan wakil presiden, serta calon legislatif. Dimana, dalam UU Nomor 7 Tahun 2017, Tentang Pemilihan Umum, Pasal 280 angka 2 huruf f, h, i, j dan k yang menyatakan pelaksanaan dan/atau tim kampanye pemilu dilarang mengikutsertakan Aparatur Sipil Negara, Kepala Desa, Perangkat Desa, Anggota Badan Permusyawaratan Desa dan WNI yang tidak memiliki hak memilih serta PKPU Nomor: 28 Tahun 2018, tentang kampanye Pemilu.

Karenanya, diminta kepada perangkat atau aparatur gampong hendaknya berlaku netral dan tidak terlibat aktif dengan ikut serta menjadi tim kampanye calon presiden dan wakil presiden serta calon legislatif.

Atas dasar itu, Fitri berharap KIP Langsa dapat menegakkan aturan dengan cara melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini pemerintah, agar nama nama yang ada dalam SK tim kampanye tidak melibatkan unsur-unsur yang tidak dibolehkan dalam aturan tersebut.

Baca Juga  KIP Langsa Tetapkan DCT Sebanyak 339 Orang

Selain itu, pemerintah juga dapat membuat imbauan/surat edaran kepada perangkat gampong,aparatur gampong, untuk tidak berpihak kepada calon-calon tertentu.

“Sebagaimana kita ketahui bersama pelanggaran terhadap larangan yang diatur dalam peraturan-peraturan Pemilu tersebut merupakan tindak pidana Pemilu dan akan diberi sangsi sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Kemudian, dirinya juga berharap KIP Kota Langsa melalui Divisi Hukum, untuk tidak hanya menerima laporan saja, tapi harus benar-benar bekerja cerdas.

“Bekerja cerdas dalam hal melakukan penelitian terhadap nama-nama yang ada dalam SK tim kampanye secara berjenjang,” tutupnya.

Komentar

Berita Terbaru