oleh

KM Doa Ibu 2 Diamankan Bea Cukai Langsa

PENANEGERI, Langsa – Kantor Pengawasan Bea dan Cukai (KPBC) Tipe B Kuala Langsa bersama Kapal Patroli milik Kantor Bea Cukai Karimun BC 20008, Kamis (19/7) sekitar pukul 01.30 WIB, berhasil mengamankan Kapal Motor (KM) Doa Ibu 2 diperairan Sungai Yu Aceh Tamiang, karena mengangkut barang ilegal.

Informasi diperoleh Penanegeri.com menyebutkan, penangkapan itu berawal pada Rabu (18/7) sekitar pukul 22.00 WIB. Kapal Patroli Bea Cukai Karimun melihat adanya kapal yang mencurigakan diperairan Sungai Yu Aceh Tamiang, lalu melakukan pengejaran terhadap kapal tersebut.

Setelah dilakukan pengejaran dan diberikan tembakan peringatan, maka kapal yang dicurigai itu berhenti. Selanjutnya, tim melakukan pemeriksaan dan ternyata kapal itu bermuatan mie instan, bumbu kemasan dan minyak goreng kemasan yang tidak dilengkapi dokumen. Diduga, barang-barang ilegal tersebut diselundupkan dari luar negeri.

Kemudian, sekitar pukul 02.00 WIB, kapal hasil tangkapan beserta 4 ABK dan barang bukti lainnya dibawa menuju Pelabuhan Kuala Langsa dan sekitar pukul 07.00 WIB, baru bersandar di Pelabuhan Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat.

Baca Juga  Bea Cukai Langsa Kembali Gagalkan Penyelundupan 30 Ton Bawang Merah Ilegal

Selain barang bukti, petugas juga berhasil mengamankan 4 orang ABK berkewarganegaraan Indonesia, yakni Rinaldi Ardianus (45) sebagai Nahkoda dan 3 ABK yakni Rajali, Gustami Anwar serta Ramli, keempatnya, diketahui merupakan warga Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang.

Kasie Penindakan dan Penyelidikan KPBC Tipe B Kuala Langsa, Zaky kepada Penanegeri.com, Kamis (197/), di Pelabuhan Kuala Langsa, membenarkan penangkapan kapal motor tersebut.

Ia menjelaskan, barang-barang itu diamankan karena tidak ada manifes dari luar daerah pabean ke dalam daerah pabean. Maka dari itu kita lakukan penindakan sesuai dengan UU Nomor 17 Tahun 2006, tentang Kepabean.

“Saat ini 4 ABK beserta barang ilegal itu telah diamankan di Kantor Pengawasan Bea dan Cukai (KPBC) Tipe B Kuala Langsa,” tutupnya.

Komentar

Berita Terbaru