oleh

Kondisi Memprihatinkan untuk Anak-anak di Ghouta Timur (East Ghouta) Suriah

PENANEGERI, Internasional- Menyusul adanya laporan bahwa puluhan anak-anak telah tewas dalam kekerasan minggu ini di Suriah, seorang pejabat senior PBB pada hari Jumat 9 Februari 2018, menekankan perlunya evakuasi tanpa syarat bagi  anak-anak yang sakit dan terluka dari Ghouta Timur (East Ghouta) dan daerah-daerah lainnya yang mengungsi.

“Kekerasan tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda mereda,” kata Direktur Eksekutif UN Children Fund (UNICEF), Henrietta H. Fore dalam sebuah pernyataannya yang dirilis oleh situs resmi PBB.

“Bagi anak-anak yang tetap terjebak dalam pengepungan dan di bawah nakal, kekerasan berat di Suriah, hidup adalah mimpi buruk yang hidup. Mereka berjuang hanya untuk tetap hidup, ” ucapnya.

Kekerasan meningkat di beberapa wilayah di Suriah, dan di Ghouta Timur saja, ratusan anak-anak sangat membutuhkan evakuasi medis, laporan mencatat bahwa pengepungan selama empat tahun telah menghancurkan kesehatan dan layanan dasar lainnya dan selama beberapa bulan terakhir, kekurangan gizi telah meningkat lima kali lipat.

“Anak-anak, dimanapun mereka berada di Suriah, harus memiliki akses terhadap perawatan kesehatan. Evakuasi anak-anak yang sakit dan terluka dari daerah yang terkepung harus diberikan, bukan bagian dari upaya tawar-menawar, ” ujar Direktur Eksekutif UN Children Fund (UNICEF), Henrietta H. Fore, menegaskan hal ini.

Baca Juga  Presiden Suriah Bashar al-Assad akan Mengunjungi Korea Utara

“Saya heartbroken (patah hati/sedih) dengan apa yang anak-anak Suriah terus alami menderita karena tindakan yang dilakukan oleh orang dewasa – tindakan yang menunjukkan ketidakpedulian terhadap perlindungan, keamanan dan kesejahteraan anak-anak,” tambahnya.

Perlindungan bagi anak-anak harus menjadi yang terpenting sepanjang masa, dan sekolah, rumah sakit dan tempat bermain harus menjadi tempat yang aman, tidak pernah ditargetkan, ujar dia menekankan, meminta penghentian segera permusuhan di Suriah. (*)

Komentar

Berita Terbaru