oleh

KOPAZKA Minta Senat IAIN Langsa Selektif Nilai Balon Rektor

-Aceh-64 views

PENANEGERI, Langsa – Pengurus Pusat Korps Alumni Zawiyah Cot Kala (PP-KOPAZKA) IAIN Langsa minta kepada dewan senat untuk selektif dalam menilai dan menimbang kualitas personal para Bakal Calon (Balon) Rektor IAIN Langsa periode 2019 – 2023.

“Selektif dalam penilaian yang kita maksudkan adalah mempertimbangkan nilai diri para Balon Rektor sesuai dengan tingkatan keilmuan yang disandang dalam gelar Doktor. Artinya dewan senat harus mempertimbangkan sikap dan kemampuan pengendalian diri para balon sebagai dasar dalam penilaian kualitas kepemimpinan,” sebut Ketua Umum PP-KOPAZKA Bahtiar, MA kepada Penanegeri.com, Minggu (28/10).

Dijelaskannya, unsur pengendalian diri sangat penting bagi seorang pemimpin dalam mengelola sebuah lembaga besar seperti perguruan tinggi IAIN Langsa. Karena kemampuan pengendalian diri seorang pemimpin akan melahirkan sikap kedewasaan dan kewibawaan sebagai pribadi pemimpin dan lembaga.

Lanjutnya, malah sebaliknya bila seorang pemimpin tidak memiliki kemampuan pengendalian diri, maka akan sangat merugikan bagi lembaga yang di pimpin. Karena, ketidakmampuan mengendalikan diri akan menciptakan konflik internal yang akhirnya merusak citra lembaga dan mengancam kelangsungan lembaga itu sendiri.

Baca Juga  5 Doktor Daftar Balon Rektor IAIN Langsa

“Tidak adanya kemampuan pengendalian diri akan membuat seseorang itu emosional dalam sikap dan melahirkan kebijakan yang merugikan lembaga. Juga akan memicu konflik internal lembaga yang merusak managemen kerja, karenanya sebagai alumni dari IAIN Langsa yang telah mendidik kami sebagai insan madani, maka PP-KOPAZKA minta kepada dewan senat IAIN Langsa agar selektif dalam melakukan penilaian dan pertimbangan kualitatif para balon Rektor sebelum akhirnya diusulkan ke Komisi Seleksi Kemenag RI oleh Rektor IAIN Langsa nantinya,” ungkapnya.

Sebagaimana pemberitaan media ini sebelumnya, hingga batas akhir pendaftaran pada Jumat (26/10) lalu, total ada enam doktor yang mendaftar sebagai Balon Rektor. Masing-masing mereka yaitu, Dr. A. Rani Usman, M.Si dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. H. Basri Ibrahim, MA Warek I IAIN Langsa, Dr. Iskandar Budiman, M.CL Dekan Fakultas Ekonomi Islam IAIN Langsa, Dr. Zainuddin, MA Warek III IAIN Langsa, Dr. Mohd. Nasir, MA Direktur Pascasarjana IAIN Langsa dan Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA Wakil Dekan III FEBI yang mendaftar menjelang penutupan.

Komentar

Berita Terbaru