oleh

KTM Pertahankan Bradley Smith untuk Musim 2018

PENANEGERI, Moto GP – Direktur KTM Moto GP, Pit Beirer, mengatakan bahwa menjatuhkan Bradley Smith untuk musim 2018 karena hasil buruknya tahun ini pasti bukan sikap yang “tidak adil”.

Smith gagal meraih konsistensi seperti Pol Espargaro yang jadi rekan setimnya pada sebagian besar musim ini sehingga menimbulkan spekulasi bahwa pembalap Inggris itu akan dijatuhkan untuk memberikan kesempatan pada Mika Kallio tahun depan.

Desas-desus ini semakin meningkat saat Kallio mengalahkan Smith saat melakukan wildcard outing di Red Bull Ring pada bulan Juli, dan kemudian melakukannya lagi saat dia menerima balapan tambahan bersama KTM di Aragon.

Namun sesaat sebelum uji coba di Motegi bulan lalu, marque Austria tersebut mengeluarkan sebuah pernyataan untuk mengkonfirmasi bahwa pihaknya tidak akan mengubah susunan pembalap musim depan.

Dengan demikian, Smith akan mempertahankan tempatnya sebagai pembalap utama, sedangkan Kallio tetap menjadi pembalap uji coba dan ditetapkan untuk membuat lima penampilan sebagai wildcard tahun depan.

“Pertama-tama, dia punya kontrak untuk tahun depan. Tidak akan ada perubahan untuk tahun depan. Tapi kami menyadari ada banyak tekanan karena hasilnya tidak begitu bagus. Anda juga harus melihat bahwa kedua pembalap mengambil risiko besar masuk ke proyek baru, dengan motor baru, berasal dari motor yang sangat kompetitif (Yamaha Tech 3),” kata Beirer saat ditanya mengapa KTM memilih untuk menjaga Smith, dilansir laman Motorsport pekan lalu.

“Ketika mereka menandatangani kontrak untuk kami, ada selembar kertas kosong, mereka bahkan tidak bisa melihat motornya. Tidak adil menjatuhkan posisi pembalap di pertengahan musim pertama. Kami memutuskan untuk memberinya waktu untuk berkembang. Saya tahu dia lebih baik dari apa yang dia tunjukkan dan ada yang salah dengannya saat ini,” tambahnya.

“Dan karena tekanan semakin besar dan saya hanya mengambil kesempatan sebelum pembalap pergi untuk memastikan bahwa kami akan tetap memegang kontrak, untuk mengambil beban besar. Bagaimana Anda bisa tampil jika saat Anda masuk ke paddock, pertanyaan pertama adalah ‘Berapa jam yang masih tersisa dalam tim ini sebelum Anda ditendang keluar ?,” sambung Beirer.

“Tentu saja hal semacam itu tidak akan tim lakukan, kami tahu kondisinya dan tahu targetnya, tapi ini masih awal dan musim depan, dua pembalap yang sama akan menggunakan motor kami,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru