oleh

Laka Lantas di Penang, 7 WNI Meninggal Dunia

(Image : Youtube)

PENANEGERI, Peristiwa – Kecelakaan terjadi melibatkan dua bus dan sebuah van di Penang, Malaysia, menewaskan setidaknya delapan pekerja pabrik dan melukai 33 orang lainnya (24/10).

Konsulat Jenderal Republik Indonesia Penang melaporkan sedikitnya tujuh warga negara Indonesia (WNI) meninggal dalam kecelakaan antarbus karyawan di kilometer 47, Lebuh Utara Selatan, Pulau Penang, Malaysia, pada Selasa, 24 Oktober 2017.

Pejabat Fungsi Konsuler KJRI Penang Neni Kurniati kepada pers mengatakan bahwa setelah mengetahui identitas korban meninggal, KJRI Penang langsung menghubungi keluarga dan kerabat terdekat korban yang ada di Malaysia untuk melakukan identifikasi visual.

Tujuh WNI yang meninggal tersebut berasal dari Sumatera Utara (3), Aceh (2), Jawa Tengah (1), dan Jawa Timur (1).

Menurut sebuah laporan yang dikutip dari New Straits Times (NST), kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 05.30 pagi hari Selasa (24/10), di dekat tol Juru utara di North South Expressway (NSE).

Kepala Polisi sektor Seberang Prai Tengah Asisten Komisaris Nik Ros Azhan Nik Abdul Hamid membenarkan kejadian tersebut.

Baca Juga  Laka Lantas di Tol Cawang, Belasan Korban Terluka

Semua korban tewas adalah perempuan – satu orang Malaysia dan tujuh orang Indonesia, jelas Kepala Polisi Distrik Seberang Perai Tengah, Asisten Komisaris Ni Ros Azhan Nik Abdul Hamid.

Ketujuh korban tewas dari Indonesia dalam kecelakaan lalu-lintas ini diidentifikasi sebagai  Faridah (18), Sartika Pasaribu (19), Wami Windasih (19), Yeni (20), Serlia (21), Resni Tumangger (22) dan Titik Katinengsih (23).

Dalam kecelakaan yang terjadi pukul 05.50 pagi itu, ACP Nik Ros mengatakan bus pertama membawa satu wanita Nepal dan 39 wanita Indonesia untuk bekerja di pabrik Sony EMCS di Kawasan Industri Prai.

Bus pabrik ini mengalami kerusakan mesin, kemudian ditarik ke kiri. Namun kemudian ditabrak dari belakang oleh bus pabrik lain.

“Sebuah van pabrik di jalur yang sama kemudian dilanda kedua bus tersebut,” katanya.

“Bus yang mengangkut 17 pekerja wanita ke Plexus Manufacturing gagal menghindari bus yang mogok dan menabraknya dari belakang. Dampaknya mendorong kedua bus ke pusat pembatas jalan tol,” katanya.

Baca Juga  Sepeda Motor Kontra Colt Diesel, 2 Meninggal Dunia

“Delapan orang telah meninggal sejauh ini. Sebanyak 23 orang menderita luka serius dan 10 lainnya menderita luka ringan,” kata Nik Ros Azhan kepada NST.

Kecelakaan tersebut pada Selasa (24/10) pagi terjadi di North South Expressway di Seberang Prai dan menyebabkan kemacetan masif.

“Bus pabrik yang ditarik ke kiri karena kerusakan mesin ditabrak dari belakang oleh bus pabrik lain. Akibat tabrakan itu mendorong bus ke kanan jalan tol.Sebuah van pabrik di jalur yang sama kemudian dilanda kedua bus tersebut,” katanya.

Bus pertama ini membawa pekerja Indonesia dan Nepal dari pabrik Sony sementara bus lainnya membawa  pekerja dari pabrik Plexus.

“Identitas almarhum sudah dipastikan dan jenazah mereka sudah dikirim ke Rumah Sakit Seberang Jaya,” katanya.

Dia mengatakan dua korban yang berada dalam kondisi kritis dikirim ke Rumah Sakit Penang. (*)

Komentar

Berita Terbaru