oleh

LAKI Gayo Lues Soroti Pembangunan Lapangan Sepakbola di Kutapanjang

PENANEGERI, Gayo Lues – Ketua Organisasi Masyarakat (Ormas) DPC Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Gayo Lues, Hendra menyoroti anggaran proyek pembangunan lapangan sepakbola bernilai Fantastis.

Pasalnya, pembangunan lapangan sepakbola yang berlokasi di Kampung Tampeng Musara Kecamatan Kutapanjang itu, memiliki ukuran belum standar. Sehingga, nilai anggaran pembangunan dari APBA Provinsi Aceh sebesar Rp 1,3 Milyar itu, dinilai mengherankan.

“Saya menduga dana pembangunan lapangan sepakbola berukuran sekitar 90×60 meter itu sengaja diperbesar, untuk meraup keuntungan yang besar pula. Kami juga menduga, mafia anggaran bermain dan menjadi dalang semua ini,” kesal Ketua Ormas DPC LAKI Gayo Lues, Hendra, kepada Penanegeri.com, Sabtu (3/11), melalui selulernya.

Padahal, lanjut Hendra, lapangan tersebut sudah pernah dibangun pada tahun 2015 lalu.

“Sepengetahuan saya, pada tahun 2015 lalu, lapangan itu sudah pernah dibangun, yang sumber dananya juga dari Provinsi Aceh. Ini kan aneh, waktu hanya beberapa tahun saja, lapangan yang sama kembali dianggarkan pembangunannya. Bernilai fantastis pula,” herannya.

Baca Juga  Saat Lepas Sambut, Ini yang Disampaikan Mantan Bupati Gayo Lues

Oleh sebab itu, Ketua Ormas DPC LAKI Gayo Lues ini meminta penegak hukum untuk melakukan pemeriksaan proyek yang diduga mark up itu.

“Jika nantinya penegak hukum tak menggubris, kami akan menyampaikan laporan proyek ini ke Pusat,” pungkasnya.

Terkait hal itu, pengawas proyek pembangunan lapangan bola tersebut, Wanda, mengakui, anggaran pembangunan lapangan bola kaki itu senilai, Rp 1,3 Milyar.

“Ya, anggaran pembangunan lapangan bola kaki ini sebesar, Rp ,3 Milyar, tetapi saya tak tau, dari mana sumbernya, apakah APBA atau DOKA, yang saya tau proyek itu dari Provinsi Aceh. Saya hanya pekerja bang disini, jadi kalau masalah sumber anggaran tentu bos yang tau,” tutur Wanda, melalui telepon selulernya.

Laki soroti lapangan bola
(Penanegeri/Dosaino Ariga) : Lokasi Proyek Pembangunan Lapangan sepakbola di Kampung Tampeng Musara Kecamatan Kutapanjang, Gayo Lues, Sabtu (3/11).

Pantauan Penanegeri.com di lapangan, pembangunan lapangan sepakbola di Tampeng Musara, hingga berita ini ditayangkan, plang proyek belum juga tampak dipasang. Padahal, beberapa hari ini pekerjaan sudah dilakukan oleh pihak rekanan yang belum diketahui perusahaan apa yang mengerjakan.

Ironisnya, pengerukan yang dilakukan dibawah tebing dengan kedalaman, sekitar 1,5 meter itu, juga terindikasi membahayakan dan bisa merubuhkan sebagian rumah warga yang berada diatas tebing.

Baca Juga  Dukung Program TMMD ke-99, BNN Kabupaten Gayo Lues Gelar Sosialisasi Narkoba di Lingkungan Sekolah

“Untuk pembangunan tembok penahan tanah tebing tidak ada dalam gambar. Namun, tembok penahan tanah yang kami bangun dibelakang salah satu rumah warga setempat, merupakan dari uang pribadi kami bang, jika dari proyek tidak tercantum dalam gambar,” pungkas Wanda.

Komentar

Berita Terbaru