oleh

Lanal Lhokseumawe Tangkap Ribuan Ekor Belangkas di Perairan Tamiang

PENANEGERI, Aceh Tamiang – Unit Intel Lanal Lhokseumawe berhasil menangkap kapal motor KM Sinar Mas I GT 15 di perairan Kuala Penaga, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (30/10) sekitar pukul 21.00 WIB.

Informasi diperoleh Penanegeri.com menyebutkan, kapal motor KM Sinar Mas I tersebut bermuatan sejumlah barang diantaranya, Belangkas (Mimi/Ketam Ladam) sekitar 3000 ekor, Siput sekitar 700 kg dan Pucuk Nipah sebanyak 70 Karung yang akan diselundupkan ke negara Thailand melalui perairan Selat Malaka.

Selain berhasil menangkap kapal beserta muatannya, petugas Lanal juga turut mengamankan empat orang anak buah kapal (ABK) KM Sinar Mas I, masing-masing berinisial Pai (nahkoda), US, AS dan EH (ABK).

Dan Unit Intel Lanal Lhokseumawe, Kapten Laut (T) Wuriyanto saat dihubungi Penanegeri.com, Selasa (31/10) membenarkan pihaknya telah melakukan penangkapan tersebut. Dijelaskannya, penangkapan bermula dari adanya informasi inteiljen tentang adanya penyelundupan barang ilegal di perairan Tamiang menuju ke Thailand.

Lanal Lhokseumawe

Selanjutnya, Unit Intel Lanal Lhokseumawe melakukan pendalaman terkait informasi yang diterima. Sekitar pukul 20.30 WIB, petugas Lanal Lhokseumawe yang terdiri dari Posal Seruway, Posal Idie Rayeuk dan anggota Unit Intel menggunakan kapal patroli melakukan pengejaran terhadap KM Sinar Mas I yang hendak menuju ke Thailand.

Baca Juga  Terobos Razia, POM Gadungan Diamankan Satlantas Polres Aceh Tamiang

“Kapal berhasil kami tangkap di perairan Tamiang tepatnya di Alur Kuala Penaga, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang,” ujarnya.

Saat dilakukan pengecekan, papar Dan Unit Intel, ditemukan ribuan ekor Belangkas (Mimi/Ketam Ladam), ratusan kilogram Siput dan puluhan karung Pucuk Nipah.

“Saat di cek, dokumen kapalnya lengkap akan tetapi manivest barang muatan tidak ada. Jumlah barang yang diamankan masih belum diketahui karena belum dilakukan pembongkaran dan pengecekan,” tandas Kapten Laut Wuriyanto sembari mengatakan mungkin besok pagi akan dicek seluruh muatan yang ada di dalam kapal.

Saat ini barang bukti muatan kapal beserta ke empat ABK telah diamankan di Mako Lanal Lhokseumawe sedangkan kapal KM Sinar Mas I diamankan di dermaga Lanal Lhokseumawe guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Komentar

Berita Terbaru