oleh

Langkahan akan Bentuk Tastafi di Tiap Gampong

-Aceh-51 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Muspika Langkahan, Kabupaten Aceh Utara dalam waktu dekat akan membentuk pengurus Tasawuf, Tauhid, dan Fikih (Tastafi) di tiap-tiap desa. Rencana tersebut diwacanakan akan tuntas dalam sebulan ke depan.

“Semua desa di kecamatan ini akan kita bentuk cabang Tastafi yang nantinya dikoordinir oleh masing-masing geuchik (kepala desa). Tadi dalam rapat yang turut dihadiri para geusyik juga sudah kita bicarakan,” kata Camat Langkahan, Kausar SE usai acara pengajian rutin yang digelar di aula kecamatan, Rabu (24/10).

Kausar mengatakan, dengan terbentuknya pengurus Tastafi Gampong ini nantinya tiap-tiap desa dapat membuka pengajian umum. Untuk itu, Kausar berharap pihak desa terus membentuk panitianya. Sementara untuk guru pengajiannya nantinya juga akan dikirim ke desa-desa melalui Tastafi kecamatan.

“Sejauh ini kita rutin tiap hari Rabu menggelar pengajian umum di aula kecamatan. Pengajian umum ini kami laksanakan tiap hari Rabu mulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 10.30 WIB. Kita harapkan kegiatan ini terus berjalan sebaik mungkin,” ujar Kausar.

Kegiatan pengajian itu dipimpin oleh Abi Jafa Dayah Darul Huda Lueng Angen dan Tengku Tarmizi atau yang akrab disapa Abu Cut dan dihadiri sejumlah pegawai serta masyarakat sekitar.

Ketua Forum Geusyik Kecamatan Langkahan, H Hamdani Yahya sangat mendukung wacana pembentukan pengurus Tastafi Gampong. Kata Hamdani, dengan terbentuknya Tastafi ini, nantinya pengajian rutin di tiap-tiap desa dapat dihidupkan kembali selayaknya daerah Serambi Mekah.

“Kita di Langkahan ini sangat kompak, apalagi kalau berbicara masalah agama. Kita atas nama forum Geusyik Kecamatan Langkahan sangat mendukung penuh wacana pembentukan pengurus Tastafi Gampong. Mari kita hidupkan kembali pengajian di desa-desa. Selain untuk memperbaiki akidah, pengajian ini juga merupakan sebuah keharusan bagi kita untuk menuntut ilmu agama,” ujar Hamdani.

Komentar

Berita Terbaru