oleh

Lantik Geuchik, Ini yang Disampaikan Wakil Walikota Langsa

-Aceh-47 views

PENANEGERI, Langsa – Sebanyak 45 geuchik dalam wilayah Pemerintah Kota Langsa, dilantik dan diambil sumpah oleh Wakil Walikota, Dr. H. Marzuki Hamid, MM, Senin (9/7), di Aula Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BKPD) setempat.

Wakil Walikota Langsa, menyampaikan, geuchik yang dilantik ini mudah-mudahan dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya serta maksimal untuk kepentingan masyarakat dimasa yang akan datang.

“Terima kasih kepada mantan geuchik yang selama ini telah mengabdi dan bekerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Dijelaskannya, geuchik yang terpilih ini adalah orang-orang yang berbepengaruh dan pilihan di gampongnya masing-masing. Karenanya, harus bisa menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Apalagi, kata Marzuki Hamid, saat ini gampong sudah diberikan kewenangan untuk mengurus rumah tangga gampong itu sendiri. Maka dari itu, diperlukan semangat dan kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan ke ikhlasan dalam menjalankan amanah ini.

Lanjutnya, untuk memimpin gampong yag otonom, diharapkan tidak ada lagi kantor geuchik yang tutup saat jam kerja. Sehingga, dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Lalu, geuchik yang bari dilantik agar bisa menggerakkan struktur perangkat gampong yang ada.

Baca Juga  Rektor IAIN Langsa Lepas Mahasiswa ke Turki

Geuchik jangan mengambil keputusan sendiri atau bekerja tanpa mau koordinasi dengan perangkat gampong yang ada. Jika itu terjadi, maka bisa dipastikan pemerintahan gampong tidak akan berjalan dengan baik Sambung Wakil Walikota, ada beberapa indikator pemerintahan gampong dinilai bagus dan berhasil antara lain adalah masyarakat gampong bisa dipersatukan, Pelayanan kepada masyarakat bisa diberikan secara maksimal.

“Gampong bersih, indah dan nyaman serta masjid dan mushalanya makmur, tidak ada maksiat di gampong, menyambut aspirasi masyarakat dari berbagai komponen serta administrasinya bagus,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua panitia yang juga merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kota Langsa Al Azmi, menuturkan, pelantikan tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan setelah berlangsungnya pemilihan geuchik pada beberapa bulan yang lalu.

Dirinya mengaku, pelantikan tersebut telah melalui proses dan mekanisme yang seauai dengan aturan yang berlaku.

Lanjutnya, pemilihan Geuchik dilaksanakan oleh 47 Gampong, namun yang dilantik berjmlah 45 Geuchik.

“Pemilihan Geuchik telah dilaksanakan di 47 Gampong, hari ini yang dilantik 45 Geuchik, sementara dua Geuchiklagi yaitu Gampong Simpag lhee dan Telaga Tujuh akan dilaksanakan di bulan Desember 2018, mengingat masa jabatannya berakhir 4 september 2018,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru