oleh

Layanan WhatsApp Sempat Terhenti Sementara di Seluruh Dunia

PENANEGERI, Techno – Layanan WhatsApp sempat terhenti (down ) atau padam untuk sementara, yang menghentikan jutaan orang untuk menggunakannya di seluruh dunia.

Para pengguna WhatsApp di seluruh dunia pada Hari Jumat (3/11) sempat tidak dapat mengirim atau menerima pesan menggunakan aplikasi WhatsApp. Namun tidak lama kemudian sekitar 30 menit, layanan telah muncul lagi, dan dipulihkan secara bertahap.

Menurut Down Detector, ada masalah di seluruh Eropa meskipun pengguna di India, Pakistan, Singapura dan Irak juga melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses layanan tersebut.

Aplikasi WhatsApp online sempat down di Inggris pada pukul 8.30 pagi GMT (4.30 pagi), sebelum pengguna dapat menyambung kembali sekitar 30 menit kemudian.

Di Indonesia WhatsApp juga sempat mengalami masalah pada Jumat sore (3/11), dan tidak bisa diakses sama sekali oleh pengguna di Indonesia, sekitar pukul 15.15 WIB, namun putusnya koneksi tersebut tidak berlangsung lama karena sekitar pukul 15.43 waktu Indonesia bagian Barat, layanan aplikasi WhatsApp sudah pulih dan dapat diakses kembali.

Baca Juga  Kini WhatsApp Makin Seru Dengan Status Foto dan Video Seru

Aplikasi awalnya tidak terlihat rusak, dengan obrolan dan kontak dapat dimuat, tapi begitu pengguna mengobrol, aplikasi WhatsApp tersebut hanya menunjukkan pesan “penghubung” yang tidak dapat terselesaikan, sehingga pesan baru tidak dapat dikirim atau diterima.

Situs Down Detector menunjukkan lonjakan besar dalam masalah dengan aplikasi, menunjukkan bahwa hampir semua pengguna tidak dapat online. Masalahnya terfokus di Eropa barat dan Asia, namun dilaporkan di seluruh dunia.

Ada sedikit laporan tentang masalah WhatsApp yang sempat down ini dari Amerika, tapi itu mungkin hanya akibat fakta bahwa zona waktu di Amerika dimana waktu itu banyak orang masih tertidur.

Keluhan serempak langsung datang dari para pengguna WhatsApp sedunia, sehingga di mediasosial tag  #WhatsAppDown masuk daftar Trending Topic World Wide di Twitter. Hastag tersebut bahkan menduduki peringkat teratas pada hari Jumat (3/11).

Hingga berita ini dimuat masih belum jelas apa penyebab layanan WhatsApp padam sementara di seluruh dunia. Belum ada pernyataan dari pihak WhatsApp terkait masalah tersebut. (*)

Komentar

Berita Terbaru