oleh

Libatkan Relawan Duta Wisata, KIP Bireuen Sosialisasikan Gerakan Melindungi Hak Pilih

PENANEGERI,  Bireuen – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen melaksanakan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), guna memastikan setiap warga negara Indonesia yang memiliki hak, telah terdaftar sebagai pemilih, dan GMHP ini untuk menyempurnakan daftar pemilih yang terpercaya, berkualitas.

“Tujuan utama, agar momentum pemilu 2019 tidak kehilangan hak pilih,” kata Ketua KIP Bireuen, Agusni SP kepada Penanegeri.com, Minggu (14/10).

Secara efektif Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) ini, tambah Agusni dimulai sejak tanggal 1 Oktober sampai 28 Oktober 2018.

Pelaksanaan kegiatan ini, kata Agusni menindaklanjuti surat KPU RI, dalam proses penyempurnaan yang dilakukan meliputi mengeluarkan data pemilih dari DPTHP-1.

Apa bila masih ditemukan pemilih yang tidak memenuhi syarat, maka kemudian dikeluarkan dari DPTHP-1, dalam kategori ganda.

“Alasannya pemilih belum berusia 17 tahun saat hari pemungutan suara, belum menikah, pemilih telah meninggal dunia, atau hal-hal lain.

Lalu proses penyempurnaan dengan memperbaiki elemen data pemilih, apa bila ditemukan pemilih yang elemen datanya keliru atau belum lengkap.

Baca Juga  Puluhan Penyandang Disabilitas Datangi KIP Bireuen

“Selanjutnya, memasukkan data pemilih apa bila masih ditemukan ada pemilih yang belum terdaftar dan proses ini akan terus berjalan ditingkat PPS,” terangnya.

Kami terus mensosialisasikan GMHP ini supaya berdampak  partisipasi aktif dari masyarakat untuk memastikan diri telah terdaftar sebagai pemilih.

Kegiatan sudah berlangsung sejak kemarin, dan KIP Kabupaten Bireuen bersama relawan dari Duta Wisata turun ke titik keramaian seperti warung kopi, tempat pembelanjaan, dan lokasi objek wisata di Ujong Blang Bireuen.

Tujuan utama mengecek dan memastikan apakah warga yang memenuhi syarat telah terdaftar atau belum, dengan menggunakan aplikasi yang sudah disiapkan oleh KPU.

“Warga juga dapat memastikan diri telah terdata sebagai pemilih atau belum dengan mendatangi kantor desa/kelurahan,” urainya.

Disetiap desa, terang Agusni, ada pengumuman print-out daftar pemilih setiap wilayah des0a/kelurahan atau bisa langsung ke kantor KIP terdekat.

“Warga juga bisa langsung mengecek di website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id, masukkan nama dan NIK, atau unduh aplikasi mobile berbasis android : KPU RI PEMILU 2019 lalu cek data anda serta keluarga. Maka nomor dan letak TPS akan tertera di sini,” pintanya.

Komentar

Berita Terbaru