oleh

Lingkok Kuwieng, Grand Canyon yang Tersembunyi di Aceh

PENANEGERI, Aceh – Membahas wisata yang ada di Aceh memang tidak akan pernah ada habisnya. Provinsi yang berada di ujung barat Pulau Sumatera ini menyimpan kekayaan alam yang tidak terhitung jumlahnya.

Jika Anda ingin merasakan nuansa alam Grand Canyon, tidak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri karena di pedalaman hutan Aceh tepatnya di Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie terdapat sebuah spot wisata Lingkok Kuwieng yang memiliki keindahan luar biasa yang sangat mirip dengan Grand Canyon.

Lingkok Kuwieng sering disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Uruek Meuh yang merupakan sebuah tempat mengalirnya air sungai dengan sepanjang sisinya berbentuk batuan alam yang didukung oleh pohon-pohon yang rindang nan hijau sehingga terasa sangat asri. Lingkok Kuwieng sangat cocok untuk Anda yang menyukai ketenangan karena tempat ini belum terlalu ramai pengunjung.

Lokasi Wisata Lingkok Kuwieng

Penelusuran Penanegeri.com, Minggu (15/7), perlu waktu yang tidak sebentar untuk bisa sampai ke objek wisata Lingkok Kuwieng. Perjalanan menuju Lingkok Kuwieng ini ditempuh melewati jalanan warga yang hendak ke kebun dengan melintasi pegunungan yang tinggi dan terjal. Jika ditempuh menggunakan motor maka untuk tiba ke lokasi dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Trek yang harus dilalui juga cukup ekstrem sehingga sangat cocok untuk Anda yang menyukai tantangan.

Untuk menuju ke lokasi wisata, Anda juga bisa meminta warga setempat sebagai guide (penunjuk jalan) menuju ke Lingkok Kuwieng, dengan membayar sebesar Rp 200 ribu untuk sepeda motor atau menyewa mobil off-road seharga Rp 400 ribu sekali jalan.

Lingkok Kuwieng Padang Tiji

Dalam menempuh perjalanan, Anda akan dihadapkan pada batuan-batuan kecil dengan jurang di bagian tepinya sehingga mampu memacu adrenalin. Agar selamat sampai tujun, Anda tetap harus berhati-hati dan selalu fokus pada trek yang harus ditempuh.

Selain bebatuan dan jurang, Anda juga akan melewati perbukitan dengan panorama alam yang sangat menakjubkan. Di sisi bukit terdapat penampakan alam berupa gunung Seulawah Inong yang terlihat sangat jelas.

Pintu Menuju Lokasi

Memasuki area perkampungan, Anda akan dihadapkan pada sebuah pintu yang harus ditutup kembali setelah selesai melintas karena di balik pintu terdapat hewan-hewan peliharaan warga seperti kerbau. Setelah melewati pintu, perjalanan masih berlanjut. Anda harus menyusuri tepian sungai bebatuan dengan air yang sangat jernih.

Setelah menjumpai persimpangan yang terbagi menjadi tiga, pilih jalan yang berlawanan dengan arus dan untuk bisa sampai ke lokasi membutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan.

Berkemah di Lingkok Kuwieng

Sesampainya di Lingkok Kuwieng Anda akan disuguhi pemandangan sungai dengan bagian tepi-tepinya berupa tebing bebatuan yang terbentuk rapi dan indah layaknya dipahat oleh manusia. Namun bebatuan ini merupakan bebatuan yang terbebtuk secara alami. Beberapa spot sangat cocok untuk dijadikan tempat berburu foto.

”Saat tiba di lokasi, terbayar semua rasa lelah, terlalu indah tempatnya, hinga kami lupa akan jauhnya perjalanan ke Lingkok Kuwieng ini,” ungkap Azmi Abdurrahman salah seorang pengunjung asal Aceh Tamiang kepada Penanegeri.com, Minggu (15/7).

Lingkok Kuwieng Padang Tiji

Ia menambahkan, kondisi terbaik untuk mengambil foto di Lingkok Kuwieng adalah ketika cuaca cerah di siang hari karena tebing akan berwarna cokelat tua sedangkan air di dasar sungai akan tampak hijau terkena pantulan sinar matahari.

“Pohon-pohon yang rindang dan hijau juga mampu menambah nuansa asri yang alami di alam bebas,” terang Azmi pemilik akun Instagram @sebutsajazemii.

Informasi dihimpun Penanegeri.com dari warga setempat menyebutkan, keindahan alam Lingkok Kuwieng ini terbentuk secara alami akibat erosi dari debit air sungai yang tidak stabil. Keindahan alam Lingkok Kuwieng ini mirip dengan Grand Canyon yang sangat terkenal di Arizona, Amerika Serikat walau dalam versi yang lebih kecil.

Di Lingkok Kuwieng Anda bisa mandi di sungai sambil bersantai menenangkan pikiran setelah setiap hari sibuk dengan segala rutinitas yang ada. Jika menyukai petualangan, berkemah selama satu hari di Lingkok Kuwieng bersama beberapa teman bisa dijadikan rencana liburan yang asyik dan menarik. Jika ingin berkemah, jangan lupa bawa bahan makanan secukupnya dan hindari mengunjungi lokasi ini di musim hujan karena akan sangat merepotkan.

Komentar

Berita Terbaru