oleh

Longsor Terjang Rumah Warga di Aceh Utara

PENANEGERI, Aceh Utara – Hujan deras di Kabupaten Aceh Utara sejak beberapa hari yang lalu menyebabkan terjadinya tanah longsor. Satu unit rumah warga di Dusun Tanoh Merah, Desa Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan mengalami rusak ringan.

Rumah permanen berukuran 12 x 20 meter milik Adami (40) mengalami kerusakan di bagian dapurnya setelah tertimbun tanah longsor. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 21.30 WIB, Selasa (25/9) kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Tidak ada korban jiwa karena saat kejadian penghuni rumah langsung keluar dan tidak ada barang-barang yang rusak. Semua berhasil diselamatkan. Hanya bagian dapur rumah yang rusak akibat tertimpa tanah,” terang Sekretaris Desa (Sekdes) Lubok Pusaka, Maulidi Armansyah kepada Penanegeri.com, Rabu (26/9).

Saat kejadian, kata Maulidi Armansyah, Adami bersama istri dan empat anaknya berada di dalam rumah. Mereka langsung memindahkan barang-barang berharga ke lokasi lainnya yang lebih aman.

“Untuk saat ini, pihak korban sudah mengeluarkan semua barang-barang berharga dari rumah. Mereka sekarang tinggal di rumah saudaranya di dusun yang sama. Kita secara resmi sudah melaporkan ke pihak kecamatan, bahkan pihak kecamatan sudah ditinjau langsung ke lokasi kejadian,” tambahnya.

Baca Juga  Terjadi Tanah Longsor di Jalur Puncak, Lalu Lintas Dialihkan

Maulidi Armansyah menambahkan, posisi rumah Adami berada di dekat perbukitan. Selama ini, sambungnya, Adami mengerok tanah miliknya di perbukitan tersebut untuk keperluan penimbunan lahan di sekitar rumah.

Camat Langkahan, Kausar ketika dikonformasi Penanegeri.com, Rabu (26/9) membenarkan bagian rumah milik Adami terkena tanah longsor. Namun, menurutnya, kondisi rumah masih utuh. Hanya gudang tempat penyimpanan drum minyak yang mengalami sedikit kerusakan.

“Kondisi rumah masih utuh, karena yang terkena longsor gudangnya saja. Kemarin sudah saya tinjau, kebetulan dalam gudang itu drum semua. Jadi kalau menyangkut kerugian, kita taksir ada sekitar Rp 20 juta,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru