oleh

Marsekal Hadi Tjahjanto Resmi Dilantik sebagai Panglima TNI

PENANEGERI, Jakarta – Marsekal Hadi Tjahjanto secara resmi dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo di Istana Negara, hari Jumat sore tanggal 8 Desember 2017.

Pelantikan Marsekal Hadi Tjahjanto diawali dengan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan Keppres nomor 83 TNI tahun 2017 yang berisi pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI.

Presiden Joko Widodo pun kemudian menyematkan tanda pangkat Panglima TNI kepada Marsekal Hadi Tjahjanto dalam upacara yang digelar di Istana Negara tersebut.

Selanjutnya Marsekal Hadi Tjahjanto diambil sumpahnya oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo dengan sumpah jabatan yang berbunyi :

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya, untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung, dengan rupa atau dalih apapun juga, tidak memberi tahu menyanggupi akan memberikan sesuatu kepada siapapun juga.”

“Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian rupa apa saja dari siapapun, juga yang saya tahu, atau patut dapat mengira, bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya.”

“Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit.”

Seusai pembacaan sumpah jabatan, Marsekal Hadi Tjahjanto kemudian menandatangani berita acara. Presiden juga menandatangani berita acara itu.

Sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahjanto telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat menjadi Panglima TNI usai menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR pada Rabu kemarin.

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, kemudian ucapan selamat dari Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Ucapan selamat juga disampaikan mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Beberapa tamu undangan yang tampak hadir diantaranya adalah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kapolri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (*)

Komentar

Berita Terbaru