oleh

Memetakan Dukungan Jokowi Vs Prabowo di Pilpres 2019

PENANEGERI, Politik-  Jika menilik peta dukungan partai politik kepada Presiden Ir. H Joko Widodo (Ir. H Jokowi), telah ada lima partai politik yang mendukungnya untuk maju di Pilpres 2019.

Dengan PDIP resmi mengusung Ir. H. Jokowi sebagai Capres 2019, maka kini ada lima partai yakni : Nasdem, PPP, Golkar, dan Hanura serta PDIP yang telah menyatakan dukungannya kepada Ir. H Joko Widodo.

“Dengan ini saya nyatakan calon presiden dari PDI Perjuangan, Ir Joko Widodo, Metal! Metal! Pasti Menang Total,” tegas Megawati seperti dalam akun Twitter PDI Perjuangan, Jumat (23/2).

Sedangkan untuk partai koalisi pemerintah yang lainnya, seperti PAN dan PKB sampai sekarang ini masih belum menyatakan dukungan mereka.

Dengan adanya lima parpol yang sudah menyatakan dukungannya, Ir. H Jokowi memenuhi syarat untuk maju dalam Pilpres 2019 sesuai dengan persyaratan yang tertuang dalam UU Pemilu, yaitu syarat presidential threshold (PT) atau syarat parpol/gabungan parpol hanya dapat mengusung capres jika mempunyai 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara sah nasional pada pemilu sebelumnya.

Baca Juga  AHY : Pilpres 2019 Masih Sangat Cair

Adapun calon presiden (capres) lain yang akan maju dalam pemilu 2019 kemungkinan adalah Ketua Umum Partai Gerindra, yakni Prabowo Subianto.

PKS juga sudah memberikan sinyal untuk kembali berkoalisi dengan Gerindra.

Untuk kemungkinannya, PAN diperkirakan akan ikut bergabung bersama Gerindra.

Dengan sinyal PAN mengenai ‘Koalisi 212’ yang berdasarkan pada hasil undian nomor urut PAN di Pemilu 2019, yaitu 12 dan Gerindra 2.

Melihat dari Pilpres 2014 lalu, Gerindra berhasil meraih 11,81 persen suara, PAN mendapatkan 7,59 pesen suara, dan PKS mendapatan 6,79 persen suara. Jika memang ketiga parpol ini membentuk koalisi, maka Prabowo sudah memiliki jumlah dukungan sebanyak 26,19 persen.

Berdasarkan UU Pemilu, dengan jumlah tersebut maka Prabowo juga dapat maju untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pilpres 2019. Nantinya jika Prabowo dan Jokowi sama-sama maju dalam Pilpres 2019, maka persaingan seperti Pilpres 2014 akan terbuka kembali.

Dengan kemungkinan Gerindra akan kembali mengusung Prabowo Subianto, maka ada kemungkinan besar dalam Pilpres 2019 mendatang persaingan Ir. H Jokowi versus Prabowo akan terulang pada Pilpres 2019 mendatang. (*)

Komentar

Berita Terbaru