oleh

Mendagri ‘Jualan’ Jokowi Dua Periode, Ini Kata Istana

PENANEGERI, Jakarta – Mendagri Tjahjo Kumolo menyuarakan Joko Widodo (Jokowi) dua periode saat bicara mengenai dana desa di Jogja Expo Center (JEC), yang dihadiri ribuan kepala desa. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan yang dilakukan Tjahjo tersebut sudah masuk kategori kampanye. Apa kata Istana?

Staf Khusus Presiden bidang komunikasi ke kementerian dan lembaga, Adita Irawati, mengatakan pihaknya menyerahkan hal tersebut kepada yang berwenang, dalam hal ini Bawaslu, untuk memberikan penilaian.

“Ya kalau soal ini kan sudah ada yang berwenang mengawasi,” kata Adita, seperti dikutip dari detikcom, Rabu (25/7/2018).

Meski begitu, ia menuturkan, dana desa memang merupakan salah satu program positif di pemerintahan Jokowi. Ia melanjutkan hasil dari program tersebut juga telah dinikmati masyarakat di desa.

“Yang jelas, dana desa memang satu hal yang menjadi capaian positif di masa pemerintahan saat ini dan sudah dinikmati juga manfaatnya oleh masyarakat desa,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam acara peningkatan kapasitas pemerintahan desa yang dihadiri ribuan kades di Jogja Expo Center (JEC) Bantul, Tjahjo awalnya bicara soal dana desa yang disebutnya sebagai program era Jokowi. Tjahjo mengatakan selama ini banyak pihak yang mengklaim dana desa bukanlah program Jokowi. Padahal, kata Tjahjo, Jokowi sengaja menganggarkan dana desa untuk mempercepat pemerataan pembangunan.

Di akhir sambutan, Tjahjo meneriakkan yel-yel yang disambut ribuan kades. Di sinilah Tjahjo ‘jualan’ Jokowi.

“Ingat dua kali, dua kali. Supaya anggaran desa bisa lima tahun ke depan pasti akan ditingkatkan,” tutur Tjahjo disambut tepuk tangan meriah dari para kades. (*/dtc)

Komentar

Berita Terbaru