oleh

Mengenai Laporan Mayjen (Purn) Soenarko, Mabes Polri akan Tindak Lanjuti

PENANEGERI, Jakarta – Terkait laporan Mantan Danjen Kopassus, Mayjen (Purn) Soenarko, yang telah melaporkan ke Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum Polri) tentang adanya dugaan intervensi penanganan sengketa lahan, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan laporan tersebut masih dicek terlebih dahulu oleh Itwasum.

“Jadi nanti di Itwasum ada Irsus (Inspektur Khusus). Dia yang akan mengecek, kalau memang itu apa yang seperti dilaporkan ada prosesnya sendiri. Kalau siapa-siapa yang terlibat, nanti Propam yang akan turun,” kata Irjen Setyo Wasisto, Selasa 24 Juli 2018.

Irjen Setyo Wasisto menegaskan polisi akan menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran yang diadukan Mayjen (Purn) Soenarko. “Kami enggak akan main-main. Semua masyarakat bisa melihat, apakah yang melapor jenderal atau masyarakat, tetap kami layani,” tuturnya.

Sebelumnya pada hari Senin kemarin (23/7) mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko melaporkan ke Irwasum Polri Mabes Polri terkait dugaan adanya intervensi terhadap kasus hukum yang dilaporkan perusahaannya.

Mayjen (Purn) Soenarko menceritakan, sebagai pimpinan PT Sebuku Batubai Coal dan PT Sebuku Tanjung Coal, dia merasa lahan tambangnya diserobot oleh pengusaha lain.

“Jadi ini lahan Sebuku diserobot oleh PT MSAM dan sudah laporkan ke Polda. Tapi tidak ditindaklanjuti, maka kami ke Bareskrim. Nah Bareskrim kebetulan sudah melakukan penyelidikan awal tapi kemudian kenapa belum selesai? Mereka nggak ada pemberitahuan,” kata Soenarko kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (23/7).

Selain melaporkan ke Irwasum Mabes Polri, Mayjen (Purn) Soenarko dan tim kuasa hukumnya juga telah melaporkan dugaan kasus ini ke Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional) pada hari Senin (23/7) kemarin. (**)

Komentar

Berita Terbaru