oleh

Minta Gubernur Aceh Dibebaskan, KMAB Siap Jemput ke Jakarta

PENANEGERI, Banda Aceh – Koalisi Masyarakat Aceh Bersatu (KMAB) menggelar aksi damai di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Senin (9/7). Ratusan massa yang terdiri dari gabungan elemen sispil se-Aceh tersebut menuntut KPK segera membebaskan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Menurut  KMAB, penangkapan Irwandi Yusuf dapat mengganggu ketertiban dan mencederai perdamaian di bumi Serambi Mekah.

Kordinator Aksi, Fahmi Nuzula dalam orasinya meyebutkan, tujuan pihaknya menggelar aksi unjuk rasa meminta penangguhan penahanan terhadap Gubernur Irwandi Yusuf agar bisa memimpin pemerintahan di Aceh.

“Kembalikan Irwandi Yusuf sebagai pemimpin rakyat Aceh,” ucap Fahmi melalui pengeras suara dari atas truk trado diikutin teriakan ratusan massa aksi.

KMAB menilai, Irwandi Yusuf merupakan salah satu tokoh yang berjasa dalam perdamaian Aceh pada tahun 2005 silam. Selain itu, KMAB juga mencium aroma politis atas penangkapan Gubernur Irwandi.

”Jika Irwandi tidak dibebaskan, kami akan menjemput Irwandi Yusuf, ke Jakarta sekalipun,” teriaknya sembari mengucapkan kami menuntut Irwandi dikembalikan ke Aceh.

Baca Juga  Gubernur Aceh dan Bupati Bener Meriah Ditetapkan Sebagai Tersangka Suap

Aksi itu juga diwarnai dengan pembubuhan tanda tangan oleh massa di kain putih. Tanda tangan itu nantinya akan dibawa sebagai bukti bahwa ratusan pendukung ingin Irwandi dibebaskan.

Amatan Penanegeri.com, selain berorasi, massa aksi turut membentangkan sejumlah spanduk yang diantaranya bertuliskan, Kembalikan Gubernur Kami. KPK dan Pemerintah Pusat Kembalikan Gubernur Rakyat Aceh. Dalam aksi damai tersebut, ratusan massa juga membubuhkan tanda tangan pada kain putih panjang yang telah disiapkan, sebagai bukti ratusan masyarakat yang tergabung dalam KMAB menginginkan Irwandi dibebaskan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK beberapa waktu lalu. Selain Irwandi, lembaga anti rasuah itu juga menetapkan tiga orang lainnya, yakni Bupati Bener Meriah Ahmadi, Hendri Yuzal, dan Syaiful. Keempatnya saat ini tengah menjalani pemeriksaan secara intensif oleh penyidik dan ditahan di kantor KPK, Jakarta.

Komentar

Berita Terbaru