oleh

Miris, Ibu Ekploitasi Anaknya Jadi Pengemis

-Aceh-48 views

PENANEGERI, Aceh Timur – Masa anak-anak adalah masa untuk belajar dan bermain. Namun miris, ibu ini justru mengekploitasi anaknya untuk mengemis ke warung-warung kopi.

Ibu yang tidak diketahui identitasnya ini kepada sejumlah wartawan mengaku suaminya telah tiada dan bahkan saat ini tidak memiliki tempat tinggal. Anaknya juga tidak sekolah saat ini. Saat ditanya media, ia mengaku berdomisili di Kabupaten Aceh Timur.

Pada Minggu (14/10) dini hari, ibu dengan pakaian kumal ini terlihat berdiri di depan warung kopi di Desa Tanjong Minje, Kecamatan Madat, Aceh Timur. Sedangkan anaknya diminta masuk ke warung tersebut untuk meminta sedekah.

Menyangkut hal ini, Ketua Lembaga Acheh Future, Razali Yusuf kepada penanegeri.com mendesak pemerintah Aceh agar mendata para pengemis, memberikan mereka lapangan pekerjaan agar tidak lagi memanfaatkan anaknya menjadi pengemis. Selain itu, pihaknya juga meminta pemerintah agar tidak membiarkan hal tersebut terus terjadi.

“Sangat miris. Seharusnya ibu itu yang bekerja mencari nafkah kebutuhan hari-hari dan untuk anaknya agar anaknya dapat menempuh pendidikan. Tetapi ini justru terbalik,” tuturnya.

Baca Juga  Dansatgas TMMD Serahkan Al-Quran di Dayah Pante Rambung

Razali mengatakan, Lembaga Acheh Future selama ini kerap meminta identitas para pengemis saat bertemu di warung kopi guna mengetahui asal-usulnya. Namun, sebagian besar dari mereka kerap menjadikan anaknya sebagai pengemis atau gepeng.

“Sebenarnya, kalau kita kaji, perbuatan mengekploitasi anak dengan cara menyuruh mengemis, kemungkinan besar bisa melanggar aturan hukum pasal 88 UU RI nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru