oleh

Moeldoko Akui ada Ribuan Pekerja Asal China di Morowali

PENANEGERI, Nasional – Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko mengaku menemukan ada ribuan tenaga kerja asal China di Morowali.

Hal itu diketahuinya saat berkunjung ke daerah itu, Rabu (25/4), seperti ditulis dalam akun twitternya.

“Ternyata saya dapati dari 13 ribu tenaga kerja di sana, memang 2.000 berasal dari Tiongkok tapi sisanya anak negeri Indonesia,” seperti tertera di akun twitter Moeldoko sekitar pukul 08.00 WIB lewat akun twitter, @Dr_Moeldoko.

Namun dalam akun twitter itu, dia tak merinci dari 2.000 pekerja asal China itu menangani bidang apa saja.

Isu adanya tenaga kerja asal China atau Tiongkok pernah mencuat beberapa tahun lalu, dan kembali menghangat seiring terbitnya Peraturan Presiden Nomor 20/2018.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menggelar rapat koordinasi perkembangan kawasan industri Morowali, Sulawesi Tengah. Keduanya membahas pekerja asal Cina yang bekerja di sana.

Menurut menko Luhut, seusai rakor di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa, kawasan tersebut banyak diributkan lantaran banyaknya pekerja asal Cina. “Saya menginap di sana, memang ada, tapi mereka itu kerja knock down supaya cepat jadi,” ungkapnya.

Pekerja asal Cina tersebut banyak ditemui di Morowali karena mereka melakukan pekerjaan konstruksi di kawasan tersebut. Terlebih, di kawasan tersebut juga telah terbangun fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) nikel. (*).

Komentar

Berita Terbaru