oleh

Muncul Surat dari “The West Papua Nasional Army”

PENANEGERI, Papua – Lama tak terdengar kabar sejak adanya insiden penyerangan di area-area pertambangan di Mimika, Papua. Kini pada hari Rabu (13/12) muncul sebuah surat yang dalam surat itu tertulis berkop surat “The West Papua Nasional Army” yang menandatangi surat yang ditujukan untuk aparat keamanan di Wilayah Kabupaten Mimika, Papua. Namun surat itu telah ditulis pada 25 November 2017 lalu.

Jika ditilik dari kop suratnya tertulis “The West papua Nasional Army” Komando Militer III Nemangkawi Papua Barat.

Dalam foto surat itu, dimana foto itu diperoleh dari adanya informasi jaringan pewarta Penanegeri.com, dalam surat itu tertulis diantaranya terdapat poin bahwa :

“TNI/Polri harus melindungi semua lapisan masyarakat Orang Asli Papua, Non Papua, dan warga negara asing, dan memberikan hak kebebasan personal.”

“ TNI/Polri tidak boleh mengintimidasi kepada para pekerja pers, pekerja/aktivis, praktisi HAM, mahasiswa, dan lembaga bantuan hukum rakyat sipil dalam kota dimanapun mereka berada”.

“Tidak boleh menuduh para kelompok orang, masyarakat tertentu dengan tudingan TPN-PB/OPM, jaringan OPM, KKSB, teroris, Intel TPN-PB/OPM dari markas KODAM III Papua Barat, sehingga masyarakat yang tidak tau apa-apa menjadi korban kekerasan dari aparat keamanan Indonesia.”

“Mengacu pada poin 1 dan 3 maka perlu tegaskan bahwa TNI/Polri sebagai pagar negara Indonesia dan TPN-PB OPM sebagai tentara persiapan kemerdekaan Papua Barat sehingga tidak perlu mengintimidasi rakyat sipil tetapi langsung berhadapan di medan tempur/lapangan perang dengan TPN-PB mulai dari Porsite sampai Grasberg Tembagapura Papua Barat.

Dalam foto surat tersebut tertera ditulis di Kalikopi pada 25 November 2017 lalu.

Baca Juga  Satgas TMMD Lakukan Pekerjaan Pengecoran Ruas Jalan di Boven Digoel

Peta papua west papua Peta papua west papua

Namun, harap diketahui oleh para pembaca Penanegeri.com yang budiman, bahwa kami dari redaksi media online Penanegeri.com belum mengetahui secara pasti dan jelas, apakah foto surat ini termasuk jenis berita Hoax yang akhir-akhir ini memang banyak beredar? ataukah hanyalah sebuah provokasi semata? Pembaca harusnya bersikap bijak dalam menyikapi adanya informasi-informasi seperti ini. Atau dalam bahasa Inggrisnya, content warningnya adalah : Viewer Discretion is Adviced (*)

Komentar

Berita Terbaru