oleh

Napi Terorisme Sempat Bikin Ricuh di Rutan Mako Brimob, Namun telah Diredam oleh Brimob

PENANEGERI, Jakarta – Kericuhan sempat terjadi di rumah tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jumat (10/11) sekitar pukul 16.00 WIB. Para tahanan terorisme yang ditahan sempat melakukan aksi keributan di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, pada pukul 16.00 WIB.

Kericuhan ini dilaporkan terjadi di sel khusus teroris, dipicu oleh salah satu penghuni rutan yang tidak terima selnya digeledah dan ditemukan empat buah handphone (HP) oleh petugas Polisi.

Karopenmas Polri Brigjen Pol Rikwanto menerangkan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

“Benar ada kejadian itu. Saat itu giat piket densus melaksanakan penggeledahan dan ditemukan handphone milik tahanan. Merasa tidak terima salah satu tahanan ada yang berucap macam-macam yang menyulut kemarahan petugas,” jelasnya.

Keempat HP tersebut, lanjut Rikwanto, milik penghuni rutan yakni Juhanda, Saulihun, Kairul Anam dan Jumali.

“Salah satu dari mereka berteriak takbir sehingga memancing tahanan dari blok sebelahnya,” imbuhnya.

Petugas langsung melakukan tindakan cepat dengan tembakan peringatan ke arah atas. Namun peringatan tersebut tidak langsung membuat reda keributan yang berujung pengrusakan fasilitas rutan.

Baca Juga  Serangan ke Masjidil Haram Berhasil Digagalkan

Keributan tersebut, kata Brigjen Rikwanto, mengakibatkan rusaknya beberapa fasilitas rutan, seperti pintu sel tahanan, pintu pagar lorong blok, dan kaca jendela di Blok C dan Blok B.

“Bahwa benar setelah salat Jumat para tahanan dimasukkan ke sel masing-masing. Setelah masuk sel, piket Densus melepas kunci yang ada di kamar A5 dan C5,” kata Brigjen Rikwanto.

Saat itu, petugas piket tengah melaksanakan penggeledahan di kamar tersebut. Petugas menemukan empat ponsel milik tahanan terorisme.

Brigjen Rikwanto menjelaskan, “Dengan kegiatan pemeriksaan tersebut salah satu tahanan ada yang tidak terima dan mancing-mancing petugas dengan ucapan macam-macam. Kemudian anggota ada yang terpancing ucapan meraka, dan ada tahanan yang sambil takbir keras-keras sehingga memancing tahanan blok sebelahnya.”

Namun tidak lama kemudian keributan itu langsung berhasil diredam oleh para petugas yang selalu siap siaga.

“Sampai saat ini suasana sudah bisa diredam oleh piket Densus. Setelah itu anggota siaga sambil menunggu perkembangan.” kata Brigjen Rikwanto.

Situasi keributan ini pun dengan cepat diredam oleh petugas kepolisian, hingga suasana cepat menjadi kondusif.

Baca Juga  Serangan Teroris di Polda Sumatera Utara, Seorang Polisi Gugur Ditikam

Pantauan wartawan, Jumat (10/11) sekitar pukul 21.30 WIB malam, terlihat beberapa personel yang bertugas di pintu utama Mako Brimob siaga dengan senjata lengkap. Aktivitas mereka biasa saja.

Demikian juga dengan arus lalu lintas di depan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok terpantau ramai lancar. Tidak ada penutupan jalan ataupun penambahan personel di depan gerbang. (*)

Komentar

Berita Terbaru