oleh

Nasib 44 Awak Kapal Selam Argentina ARA San Juan yang Hilang Dikhawatirkan

PENANEGERI, Desk Internasional – Kekhawatiran akan nasib ke-44 kru militer Kapal Selam ARA ‘San Juan’ membuat pemerintah Argentina mengintensifkan pencarian kapal selam yang hilang dan belum ada kabarnya itu, Sabtu (18/11).

Pada tanggal 17 November 2017 diumumkan bahwa Kapal Selam ARA (Armada de la República Argentina) ‘San Juan’ belum ada kabarnya sejak tanggal 15 November 2017, dan bahwa operasi pencarian dan penyelamatan telah diluncurkan sekitar 200 mil laut (370 km atau 230 mil) tenggara Teluk San Jorge.

Kontak hilang saat kapal selam sedang dalam perjalanan dari pangkalan Ushuaia ke pangkalan Mar del Plata.

Operasi pencarian dan penyelamatan awal dilakukan oleh Kapal Destroyer Sarandí, Kapal Korvet Rosales dan Kapal Korvet Drummond, yang didukung oleh dua pesawat pengintai Tracker S-2E. Setidaknya ada 44 kru militer Argentina yang berada di kapal selam yang hilang itu.

Diantaranya adalah perwira kapal selam wanita Argentina pertama, Eliana María Krawczyk.

Pesawat Orion P-3 Orion Amerika Serikat, yang dilengkapi dengan magnetometer, gravimeter dan sensor lainnya, dialihkan dari Operation IceBridge untuk membantu pencarian, dan Inggris menawarkan bantuan dalam bentuk pengerahan sebuah Pesawat Hercules C130 yang berbasis di Kepulauan Falkland.

Baca Juga  Belum ada Kejelasan Nasib Kapal Selam ARA San Juan yang Hilang

Angkatan Laut Amerika Serikat mengirim sebuah pesawat P-8A Poseidon, dan McCann Rescue Chamber and the Submarine Rescue Diving Recompression System (Sistem Kamar Penyelamatan kapal Selam dan penyelaman McCann)

Menurut kedutaan besar Inggris di Argentina, menyusul permintaan dari pemerintah Argentina, kapal patroli dan kapal selam Inggris HMS Protector ditugaskan kembali untuk bergabung dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

CONICET (Consejo Nacional de Investigaciones Científicas y Técnicas,) Argentina mengerahkan kapal ARA Austral dan Puerto Deseado, sementara Angkatan Laut Argentina menambahkan ARA Robinson, Spiro, Patagonia, La Argentina dan Bahía San Blas untuk pencarian.

Angkatan laut Chili, Brasil, Uruguay dan Peru juga menawarkan bantuan untuk menemukan kapal selam tersebut.

Kirim Signal Komunikasi

Pada hari Sabtu tanggal 18 November 2017 Kementerian Pertahanan menyatakan bahwa mereka menerima tujuh upaya komunikasi dari kapal selam itu melalui telepon satelit.

Upaya komunikasi dari Kapal Selam San Juan tersebut terjadi antara pukul 10.52 dan 15.42 waktu setempat, namun tidak terkait dengan basis Angkatan Laut Argentina.

Melalui siaran pers, Kementerian menunjukkan bahwa mereka mencari bantuan dari perusahaan telekomunikasi satelit untuk menetapkan lokasi yang lebih tepat dari mana panggilan itu dilakukan.

Baca Juga  Belum ada Kejelasan Nasib Kapal Selam ARA San Juan yang Hilang

Kapal Selam Argentina “San Juan” terakhir melakukan kontak pada hari Rabu (15/11) memiliki 44 anggota awak di kapal.

Sebuah pesawat penelitian NASA telah bergabung untuk mencari kapal selam Argentina yang hilang, karena kekhawatiran berkembang  atas nasib ke-44 awak kapal tersebut.

“Kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk menemukan kapal selam secepat mungkin,” kata Presiden Mauricio Macri di akun Twitter-nya pada hari Sabtu (18/11).

Kapal diesel-listrik kelas TR-1700 San Juan itu tadinya akan kembali dari misi rutin di Ushuaia, di dekat ujung selatan Amerika Selatan, ke markasnya di Mar del Plata, sekitar 400km selatan ibukota, Buenos Aires.

Argentina menerima tawaran dari Amerika Serikat untuk pesawat penjelajah NASA P-3, yang telah ditempatkan di Ushuaia dan sedang bersiap untuk berangkat ke Antartika, untuk melakukan penerbangan eksplorasi di area pencarian.
ARA San Juan buatan Jerman adalah satu dari tiga kapal selam di armada Argentina.

Data Kapal Selam ARA San Juan :

Kapal Selam ARA San Juan dibuat oleh Thyssen Nordseewerke, Emden, Jerman

Baca Juga  Belum ada Kejelasan Nasib Kapal Selam ARA San Juan yang Hilang

Selesai: 28 Juni 1983
Ditugaskan: 19 November 1985
Status: Dalam layanan aktif. Saat ini hilang pada 17 November 2017

Karakteristik umum
Kelas dan tipe: TR-1700 kelas kapal selam

Bobot Pemindahan:
2.140 ton (muncul)
2.336 ton (terendam)
Panjang: 65.93 m (216,3 kaki)
Beam: 8,36 m (27,4 kaki)
Draf: 7,34 m (24,1 kaki)
Tenaga penggerak:
1 mesin poros 4 × MTU
1 × Siemens motor listrik
Kecepatan:
15 knot (28 km / jam) muncul
25 knot (46 km / jam) terendam
Rentang: 12.000 nmi (22.000 km) pada 8 kn (15 km / jam) muncul
Daya tahan: 30 hari
Pelengkap: 37
Sensor dan
sistem pengolahan:
Radar Thompson CSF Calypso
Sonar Atlas Elektronik CSU 3/4, Thompson Sintra DUUX-5
Persenjataan:
6 × 533 mm (21 in) tabung torpedo busur
22 torpedo
‘ARA San Juan (S-42)’ adalah kapal selam diesel-listrik kelas TR-1700 yang beroperasi aktif dalam Angkatan Laut Argentina. Kapal selam ini dibangun di Jerman dan mulai beroperasi pada tanggal 19 November 1985. ‘San Juan’ juga pernah menjalani update mid-life dari tahun 2008 sampai 2013. (*)

Komentar

Berita Terbaru