oleh

Niat Ziarah Makam Wali Songo, Wanita Asal Peusangan Bireuen Kesasar di Surabaya

PENANEGERI, Bireuen –  Zuraini (39) warga Dusun Teumpok Pisang, Paya Reuhat, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen akhirnya bisa kembali kepada orangtuanya, setelah sebelumnya ditemukan kesasar, di Surabaya.

Di Surabaya, Zuarani ditemukan personel Polisi, Polsek Daerah Kendang Sari, Surabaya dengan kondisi linglung, gelisah serta mondar-mandir, lalu dilapor dan diamankan ke Dinsos Surabaya awal Agustus lalu.

“Alhamdulillah tadi, kami sudah melakukan serah terima Zuraini kepada orangtuanya, Umiyah A Rahman (70), dan diskasikan perangkat Gampong Paya Reuhat, Peusangan,” ujar Kadis Sosial Bireuen, Drs Murdani kepada Penanegeri.com, Selasa (16/11).

Penyerahan itu, kata Murdani, langsung dilakukan oleh tim gabungan Dinas Sosial Bireuen dan Dinsos Provinsi Aceh serta TKSK Dinas Sosial Surabaya.

Dijelaskanya, awalnya niat Zuraini ke Surabaya untuk melakukan ziarah ke makam Wali Songgo dengan bermodal uang celengan Rp 3.5 juta yang telah ditabung selama 2 tahun. Niat tersebut sudah tertanam oleh Zuraini sejak Ia masih kecil.

Berdasarkan keterangan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Surabaya, Eko Wicaksono, S.Sos, saat diamankan di Dinsos Surabaya, kondisi Zuraini ketakutan, lalu diambil inisiatif untuk dirawat di RSJ selama 14 hari.

Baca Juga  Putusan Vonis Kasus Pembacokan Pacar di Peusangan Bireuen Ditunda

Setelah membaik Zuraini ditampung pihak Dinsos Surabaya, Blok C lingkungan Pondok Sosial Surabaya yang juga menampung seribuan orang-orang korban bencana sosial berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Di sana, Ia mengaku ingin menziarahi makam Wali Songo serta beberapa makam lain di kawasan Suarabaya,” sebutnya.

Lalu setelah ditemukan keberadaan keluarganya di Bireuen, Dinsos Surabaya melakukan proses pemulangan Zuraini bersama 46 orang lainnya dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Zuraini asal Bireuen, Aceh.

“Saat penyerahan di Bireuen diantar lansung oleh Staf Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Dinas Sosial Provinsi Aceh, M Fauzi, Eko Wicaksono, S.Sos TKSK Surabaya, Dinas Sosial Surabaya dan Agusta, Staf Dinas Sosial Surabaya,” sebut Murdani.

Komentar

Berita Terbaru