oleh

Evolusi Senapan Serbu

PENANEGERI, Techno – Dikutip dari 21stcenturyasianarmsrace, dengan munculnya teknologi rel Picatinny (Picatinny rails), kaliber amunisi standar, dan bahan plastik baru, senapan serbu telah berevolusi melampaui ekspektasi.

Hasilnya adalah tren yang luar biasa dalam desain senjata kecil di mana penggunaan bagian komposit yang dibuat dengan mesin CNC hampir universal. Keseragaman yang dihasilkan dalam penampilan adalah bukti lebih lanjut bahwa semua senjata api berkembang menuju arah yang tidak pasti, meskipun homogen.

Ketika ada pergeseran dari perang konvensional ke konflik perkotaan berintensitas rendah, perubahan desain senjata berimbas pada bagaimana senapan serbu dirancang dan dibangun.

Di bawah ini adalah pilihan senapan saat ini yang tersedia di pasar senjata global. Beberapa diproduksi secara massal, yang lain tidak. Semuanya inovatif.

Adaptive Combat Rifle

Pengalaman baru-baru ini telah mengaburkan garis antara senapan dan karabin. Jenis Adaptive Combat Rifle (ACR) adalah bukti ini. Sebuah produk dari beberapa perusahaan (Remington ‘digambarkan di atas jenis US Remington Advanced Combat Rifle), ACR adalah puncak dari fitur modular dalam desain umum. Tren ini menjelaskan mengapa generasi senapan saat ini dari berbagai negara hampir tidak dapat dibedakan satu sama lain.

Apakah itu rel Picatinny yang luas untuk mengakomodasi taktis gear atau penerima polimer, seri ACR telah mengambil konsep senjata modern ke arah baru yang menarik. Seperti kebanyakan jenisnya, ACR dilengkapi untuk diubah sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Sebagai contoh, perakitan barel biasanya dapat diubah untuk mengakomodasi putaran 7.62mm. Bergantung pada bagaimana senjata ini dikonfigurasikan ulang, ACR melakukan beberapa peran baik itu sebagai senapan penembak jitu presisi atau senjata otomatis skuad.

 

Advanced Practical Carbine

Brügger & Thomet adalah pabrikan dan distributor dari Swiss yang mengkhususkan diri dalam R & D untuk senjata api yang memenuhi penegakan hukum dan kebutuhan militer.

APC (Advanced Practical Carbine) yang digambarkan di atas (Swiss B dan T APC223) tersedia sebagai senapan serbu dan penembak olahraga bagi warga sipil. Ini adalah senjata praktis yang sesuai dengan tren saat ini, dari rel Picatinny hingga varian karabin dan penembak jitu yang terpisah. Sesuai dengan selera Eropa Barat, APC adalah desain piston berputar gas piston berputar pendek.

APC menggunakan penerima polimer yang lebih rendah bermotif setelah seri AR dengan sakelar pemintas api ambidextrous di atas pegangan pistol. Receiver yang lebih rendah mendukung penerima aluminium bagian atas yang melekat pada perisai panas berlubang gas yang membungkus laras.

Seperti Beretta ARX-160, APC memiliki pegangan pengisian yang dapat dibalik untuk memaksimalkan fitur ambidextrous-nya.

APC adalah bilik untuk putaran 5,56mm Nato dan dilengkapi magasin polimer STANAG. Laras rangka lipat sampingnya dapat diganti dengan alternatif yang lebih kuat dan dapat ditarik kembali.

AK 5

Automatkarbin-5 yang diproduksi oleh Saab Defense adalah FN FNC 5.55mm yang populer yang dirancang untuk memenuhi persyaratan militer Swedia. Modding ekstensif (Extensive modding) telah menghasilkan senjata yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan operator, apakah itu dengan menambahkan aksesori taktis ergonomis, optik presisi, atau memperpendek perakitan barel untuk mengubah senapan menjadi karabin.

Seri AK-100

Sulit membayangkan AK-47 menjadi usang. Seri AK-100 adalah bukti bahwa ekspor terbesar Rusia akan selalu bertahan.

Awalnya diproduksi oleh Izhmash, seluruh ‘keluarga’ AK sekarang terpusat dan diawasi oleh Kalashnikov Concern.

Perbedaan penting yang memisahkan antara jenis ‘era Perang Dingin’-AK asli dan seri-100 adalah stock/laras lipat polimer hitam yang terakhir, peningkatan foregrip, rem moncong universal, dan kaliber bervariasi. Ini dilakukan untuk lini produk AK untuk memiliki eksposur yang lebih besar dalam penjualan senjata global.

Sementara militer Rusia telah memiliki AK-74M –semua hasil akhir AK-74 – dalam 5.45mm tradisional, varian-varian berikutnya adalah bilik untuk NATO 5.56x45mm, 5.45x39mm, dan 7.62x39mm.

Meskipun tidak dirancang untuk memasang rel Picatinny, AK yang bermodel baru benar-benar mendukung aksesori taktis mereka sendiri.

AK-12

AK-12 diresmikan pada tahun 2012 dan dikutip sebagai dasar untuk jenis senjata baru. AK-12 pada dasarnya adalah AK-74 dengan dudukan laras lipat yang dapat ditarik dan samping, penerima atas yang lebih baik, sakelar pemantik api yang ergonomis, dan pegangan pistol.

Perubahan lain termasuk jumlah rel mirip Picatinny pada foregrip polimernya, pembidik yang direlokasi, dan dilengkapi muzzle brake. Yang panjang. AK-12, dibanding sebuah AN-94 Abakan atau seri AK-100, sedang digemari sebagai senapan serbu generasi terbaru untuk militer Rusia yang luas.

Menurut badan berita milik negara RIA Novosti, sejumlah kecil AK-12 memasuki layanan di 2014.

Russian A-545 assault rifle A-545

Sementara sebagian besar negara berjuang untuk melengkapi pasukan bersenjata mereka dengan senjata kecil yang tepat, Rusia memiliki masalah sebaliknya. Militer harus memilih senapan yang tidak hanya menggantikan AK-74M yang dapat diandalkan tetapi mempertahankan semua fitur-fiturnya.

Meskipun AN-94 adalah alternatif yang kredibel selama tahun 1990-an, hari ini senapan lain, A-545 sedang dipertimbangkan untuk pasukan khusus Rusia. A-545, bagaimanapun, bukanlah senapan tipe AK ataupun desain baru. Sebagai varian yang lebih baik dari era Perang Dingin AEK-971, A-545 memiliki sistem aksi penembakan seimbang yang mengesankan yang mengurangi tekanannya. A-545 juga ringan dan bilik untuk putaran amunisi Rusia 5.45x39mm. Ini dapat dikenali karena larasnya yang ergonomis dan housing untuk penyeimbang bautnya di atas perakitan laras. A-545 masih dalam produksi terbatas.

ARX series

Italy’s Beretta juga hadir untuk menyediakan senjata baru untuk pasar negara berkembang. Tidak akan kalah oleh FN atau Heckler & Koch, 5.56mm ARX-160 adalah senapan serbu yang paling menarik dan hibrida karabin dari Uni Eropa dalam beberapa tahun terakhir.

ARX-160 sudah dalam varian A3 dengan sedikit perbaikan pada ventilasi foregrip / heat shield dan pegangan pistol. Seperti kebanyakan senapan dari generasinya, ARX-160 mudah dipisah menjadi beberapa bagian yang berfungsi dan bisa muat dengan barel yang berbeda.

Ini fitur ‘butt stock’ lipat samping, Picatinny tunggangan dan switch pilihan api ergonomis. ARX-160 hidup sesuai dengan mistik Beretta.

Selain tentara Italia, pesanan ARX-160 dari Albania, Kazakhstan, Mesir, dan Meksiko telah meningkatkan profilnya sebagai senjata api yang banyak dicari.

Barret REC7

Beberapa tahun yang lalu pembuat senjata AS terhormat Barret meluncurkan karabin baru.

Jenis 5.56mm REC7, kadang-kadang disebut RC7.

REC7 pada dasarnya adalah reinforced aluminum receiver  – perhatikan pelindung pemicu putaran – yang melekat pada perakitan barel dan laras polimer yang dapat ditarik kembali. Pemandangan baliknya di sepanjang tunggangan Picatinny atas adalah sama dengan yang ditemukan pada senapan serbu modular generasi berikutnya. Aksesori dan optik taktis adalah opsional. Fitur REC7 yang paling dapat dibedakan adalah mekanisme pembakaran baja yang kuat yang dipegang Barret lebih ketat daripada sebagian besar senjata api berbasis AR.

Foto BEAR Elite (foto: Adcor Defense)

BEAR Elite Ketika Angkatan Darat AS sedang mencari karabin baru, di antara pesaing adalah Brown Enhanced Automatic Rifle (BEAR) dari kontraktor militer Adcor Defence. Menggabungkan fitur M4 dan FAR SCAR yang telah terbukti, BEAR Elite pada dasarnya adalah penerima piston gas yang terhubung ke rakitan barel dan retractable stock (laras yang bisa ditarik). Kesederhanaan mencolok memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan sesuai keinginan mereka, termasuk optik dan lampiran taktis pada rel Picatinny-nya. Seperti FN SCAR, BEAR Elite dirancang untuk mudah dipasang dan dimodifikasi. Panjang laras yang tersedia memungkinkan untuk jarak jauh, pertempuran CQB, dan bahkan menembakkan putaran 7.62mm, tergantung pada misi.

CM901

Colt Modular Carbine CM901 adalah entri pembuat senjata untuk Kompetisi Karabin Perorangan 2010-2013 Angkatan Darat AS. Pada dasarnya M4 yang dapat dilepas ke bagian kerjanya dan diberi fitur modular FN SCAR.

Misalnya, rakitan barel 16-inci 5.56 mm dapat diganti dengan laras yang menembakkan putaran 7.62mm. Penerima atas telah direduksi agar sesuai dengan rel rel Picatinny yang diperpanjang yang menjalankan panjang foregrip atas dan pelindung panas, yang sisi dan bawahnya dapat membawa asesoris dan gigi taktis. Pemandangan karabin dapat disesuaikan dan dilepas untuk pemasangan optik yang lebih kuat.

CM901 mempertahankan stok butiran baja yang dapat ditarik kembali dan penerima yang lebih rendah dari keluarga senjata Colt.

US M4 Carbine

Menggunakan direct gas impingement system, M4 menjadi karabin yang paling populer di dunia.

M4 dimulai sebagai varian singkat dari M16A2. Pada tahun 1994, bagaimanapun, itu diadopsi oleh Angkatan Darat AS dan berbagai unit pasukan khusus. Asal M4 berasal dari XM177, M16A1 yang dipangkas mirip dengan CAR-15 yang digunakan oleh tentara AS selama Perang Vietnam.

Ketika di era Perang Melawan Teror, M4 membuktikan dirinya di medan yang menantang dan menjadi sasaran modifikasi ekstensif oleh para penggunanya. Hal ini berdampak pada jenis, AR-15, dan tren yang berlaku untuk accessorizing senjata kecil menggunakan rel Picatinny.

Hebatnya, para pembuat senjata A.S  telah meningkatkan visi asli Eugene Stoner untuk senjata api yang akurat dan dapat diandalkan. Hasilnya datang dalam varietas yang mengejutkan.

Colt’s M4 dapat diubah menjadi senapan serbu yang sepenuhnya berbeda, dengan small lower receiver satu-satunya fitur yang dapat dilihat, yang pada gilirannya disalin oleh senjata api lainnya. Singkatnya, M4 adalah M16 yang lebih baik.  (*)

Komentar

Berita Terbaru