oleh

Oknum Polisi Divonis 2 Tahun Kasus TPPU Jual-Beli Trenggiling

PENANEGERI, Pekanbaru – Hakim menghukum oknum polisi M Ali Honopiah 2 tahun penjara. Ali dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang dalam jual-beli satwa dilindungi trenggiling.

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU. Menjatuhkan vonis terhadap terdakwa dengan pidana penjara 2 tahun,” kata hakim ketua Dahlian Panjaitan dalam sidang di Pekanbaru, Selasa (6/11/2018).

Selain itu, Ali dihukum membayar denda Rp 800 juta subsider 3 bulan kurungan. Dalam putusannya, majelis hakim menyita uang Rp 320 juta untuk negara.

Ali sebelumnya juga dihukum dalam kasus penjualan trenggiling. Dia divonis 3 tahun penjara di PN Pelalawan.

Kasus ini terjadi pada 2017, saat Ali tertangkap tim Polda Riau terkait penjualan satwa dilindungi. Ali saat itu menjual trenggiling kepada warga negara Malaysia berinisial Lim.

Ada sekitar 70 ekor trenggiling yang diperjualbelikan. Pembayaran dilakukan Lim melalui seseorang berinisial Wd dengan nilai transaksi Rp 7 miliar.

Atas vonis ini, Ali menyatakan tidak keberatan. “Kalau memang hakim menyatakan kebenaran seperti itu, kita terima,” katanya.(*/dtc)

Komentar

Berita Terbaru