oleh

Operasional PT Tegas Nusantara Ditutup

-Aceh-53 views

PENANEGERI, Aceh Tamiang – Operasional PT Tegas Nusantara ditutup paksa oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang. Pasalnya, perusahaan yang memproduksi bahan baku Beton Ready Mix (Batching Plant) itu tidak dilengkapi izin usaha pertambangan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh Tamiang, Ir Muhammad Zein yang dikonfirmasi awak media, Rabu (15/8) membenarkan penutupan operasional PT Tegas Nusantara. Perusahaan tersebut ditutup berdasarkan surat bupati, karena tidak memiliki izin.

“Selain tidak memiliki izin, perusahaan itu ditutup karena letaknya tidak sesuai dengan Qanun Tata Ruang yang berdekatan dengan sepadan sungai,” terangnya.

Perusahaan yang berlokasi di Desa Semadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang itu diketahui telah melanggar ketentuan peraturan Undang-Undang Nomor 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara Pasal 158 yang berbunyi, setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP IPR atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37 Pasal 40 ayat (3) Pasal 48, Pasal 67 ayat (1) Pasal 74 ayat (1) atau ayat (5) dipidana penjara maksimal 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar.

Baca Juga  Jika Tetap Melanggar, Izin Operasional PT Tegas Nusantara Dicabut

Demikian penegasan Bupati Aceh Tamiang, H Mursil, SH, M.Kn, melalui Surat Nomor : 503/5293 yang ditujukan kepada Pimpinan PT Tegas Nusantara pada hari Selasa 14 Agustus 2018 kemarin.

Surat Bupati Aceh Tamiang tersebut merupakan teguran yang ketiga kepada PT Tegas Nusantara menindaklanjuti Surat perihal teguran pertama Nomor : 503/053 tanggal 18 Januari 2018 dan perihal teguran kedua Nomor : 503/130 tanggal 6 Februari 2018 dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Tamiang.

“Kami perintahkan kepada saudara (pihak perusahaan) untuk segera menghentikan segala kegiatan dalam waktu 1 x 24 jam sejak diterima surat ini,” tegas Bupati Aceh Tamiang dalam suratnya.

Komentar

Berita Terbaru