oleh

Pasukan Rusia Dilengkapi Arloji Pintar ‘Smartwatch’

PENANEGERI, Techno – Pasukan Rusia segera mendapatkan ‘smartwatch’ atau arloji pintar sebagai bagian dari sistem penjagaan baru untuk situs lokasi militer.

Seperti dikutip dari situs RT, fasilitas militer Rusia akan segera dijaga oleh sistem keamanan digital canggih, yang mencakup perangkat seperti jam tangan khusus untuk semua pasukan penjaga.

Jam Pintar ini berfungsi sebagai alat komunikasi dan memonitor status penjaga.

Kementerian pertahanan Rusia akan segera mulai mengirimkan sistem keamanan Strelets-Chasovoy ke objek militer bernilai tinggi di Crimea, demikian menurut surat kabar Izvestia yang dikutip situs berita RT.

Peralatan ini disetujui untuk layanan, dan produsernya Argus Spectr, telah diberikan kontrak $ 11 juta untuk pengadaan tahun 2020.

The Strelets-Chasovoy 1SV adalah jaringan terintegrasi dari berbagai perangkat keamanan, di mana arloji gelang itu hanya satu bagian yang mencakup titik komando pusat, gerak dan sensor panas untuk mendeteksi penyusup, kunci yang bisa dikendalikan dari jarak jauh (remotely controlled locks), kamera CCTV, peralatan perlindungan kebakaran dan fitur-fitur dari sistem keamanan modern.

Baca Juga  Furniture Makes This Office Look Like a Toy Box

Smartwatch ini tahan guncangan dengan fungsi khusus. Memiliki tombol untuk melaporkan alarm ke pos pusat, memiliki vibro untuk secara diam-diam menginformasikan kepada penjaga jika mendeteksi gerakan dan koordinat, sehingga jika tentara yang mengenakannya terjadi sesuatu pada dirinya, semisal tak berdaya atau diculik, maka sistem tersebut segera memberitahu setiap orang lain yang mengenakan jam tangan smartwatch itu tentang detail keamanan untuk waspada.

Perangkat juga berfungsi ganda sebagai kunci RFID (Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio.

Saluran radio dari masing-masing gelang arloji terlindung dari interferensi dan bagus untuk jangkauan hingga 3,5 km tanpa ada objek yang menghalangi sinyal. Wilayah yang lebih besar mungkin memerlukan stasiun relai tambahan untuk membuat semua personil tetap berhubungan dengan markas mereka.

Satu varian smartwatch juga memiliki layar OLED (Organic Light-Emitting Diode) untuk mengirim dan menampilkan pesan dari markas – dan juga menunjukkan waktu.

Situs militer di Crimea akan menjadi yang pertama yang dipersenjatai dengan sistem baru, surat kabar melaporkan.
Sistem Strelets-Chasovoy telah disertifikasi untuk penggunaan militer pada tahun 2015 dan sejak itu telah diuji dalam berbagai skenario. Misalnya, skuad komando menggunakan gelang arloji itu sebagai sensor deteksi gerak spontan selama latihan, seperti ditunjukkan oleh saluran TV Kementerian Pertahanan, Zvezda tahun lalu.

Baca Juga  Android is Finally Getting a Standalone Street View App

Tetapi sekarang kementerian tampaknya siap untuk membeli peralatan keamanan secara massal. (*)

Komentar

Berita Terbaru