oleh

Paus Sperma Terdampar Jadi Perhatian Warga

PENANEGERI, Aceh – Sedikitnya 10 ekor paus sperma (sperm whale) terdampar di tepi pantai Pantai Ujong Kareng, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Aceh.

Keberadaan mamalia paus yang berukuran besar tersebut jadi fenomena unik dan tontonan warga lokal. Sejumlah warga terlihat justru asyik selfie.

 

Saat hari Senin, 13 November 2017 tepat pukul 10.00 WIB, tampak kerumunan warga berdiri di bibir pantai untuk melihat secara langsung kondisi kesepuluh ekor paus yang terdampar.

Mulanya, penampakan sepuluh ekor paus sudah terlihat dari jarak 100 meter dari tepi.

Namun, setelah air surut, keberadaan hewan itu semakin terlihat.

Bagi dunia Internasional, peristiwa terdamparnya paus sperma ini jadi perhatian sejumlah media besar Internasional seperti foxnews, abcnet, dan cnn juga turut memberitakan terdamparnya paus sperma ini.

Sejumlah relawan turut membantu untuk mengembailan hewan mamalia laut ini kembali ke laut.

paus sperma

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan puluhan relawan mengarungi tepi laut dan karang untuk mengikat tali di sekitar paus, yang masing-masing panjangnya belasan meter dan berusaha mendorong siripnya yang besar ke air laut yang masih dangkal.

Baca Juga  Lantamal I Kembali Gagalkan Penyelundupan 60 Ton Beras Ketan di Perairan Aceh Tamiang

Paus sperma dewasa, merupakan mamalia terbesar di muka bumi dengan habitat laut, bisa tumbuh hingga 12 meter dan beratnya bisa mencapai 57 ton.

Para relawan penyelamat mencoba menyelamatkan paus terdampar kembali ke laut di pantai Ujong Kareng di provinsi Aceh, Indonesia, Senin, 13 November 2017.

Sayangnya, empat dari 10 ekor paus yang terdampar dari Aceh Besar ini telah mati karena luka-luka dan kelelahan.

Paus sperma terdampar di pantai Ujong Kareng dan menarik ratusan penonton yang berpose untuk berfoto bersama mereka.

Nur Mahdi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, mengatakan dua paus yang keduanya tergores dan memar keduanya mati dini hari Selasa sementara dua lainnya yang sangat lemah mati beberapa jam kemudian.

Dia mengatakan bahwa lima dari mamalia raksasa itu pada hari Senin berusaha dibawa ke laut dengan kapal, namun gelombang tersebut menghempaskan dua ekor paus kembali ke pantai. Perahu nelayan ikut berusaha membantu mengembalilan sepasang ikan paus yang tersisa ke laut pada hari Selasa.

Baca Juga  Tim Pemantau Otsus DPR RI Akan Ajukan Relokasi Proyek IPAL

Nur Mahdi mengatakan bahwa ikan paus mengikuti pemimpin kelompok dan bisa terdampar jika pemimpinnya berenang terlalu dekat dengan pantai karena penyakit atau alasan lainnya. (*)

Video terdamparnya Paus Sperma di Aceh yang ada di Youtube :

Komentar

Berita Terbaru