oleh

Pembangunan Saluran Irigasi di Meurandeh Diduga Dikerjakan Asal Jadi

-Aceh-65 views

PENANEGERI, Langsa – Pembangunan saluran irigasi di Gampong Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa yang saat ini sedang dikerjakan oleh PT Langsa Indah Lestari diduga dikerjakan asal jadi.

Hasil peninjauan lapangan, dimana ketebalan pondasi yang seharusnya dilakukan yaitu 70 cm dan lebar 60 cm, tapi kenyataan dilapangan sebahagian pembangunan hanya memiliki ketebalan dan lebar rata-rata 40 cm,” sebut Ketua Fraksi Partai Aceh DPRK Langsa, Samsul Bahri, SH, kepada wartawan, Minggu (8/7).

Dijelaskannya, karena waktu pekerjaan proyek itu masih panjang yaitu 26 November 2018 yang dimulai dari 30 Mei 2018, maka masih bisa bagi pihak rekanan untuk memperbaiki struktur bangunan sesuai dengan bestek dan standar anggaran. Hal ini untuk menjaga kualitas bangunan agar bisa bertahan lama dan memiliki manfaat yang panjang bagi masyarakat, khususnya petani.

Lanjutnya, menyangkut aksi pantauan lapangan yang dilakukannya terhadap pembangunan saluran irigasi dimaksud, merupakan fungsi pengawasan dewan yang dilakukan terhadap penggunaan anggaran negara atau daerah. Pengawasan dini yang dilakukan juga bertujuan untuk menyelamatkan pihak rekanan dari kesalahan kerja, serta menyelamatkan anggaran daerah dari pemanfaatan yang salah.

Baca Juga  Antisipasi Lonjakan Layanan Jelang Lebaran, Bank Aceh Tambah Teller

“Kita ingatkan kepada pihak rekanan atau kontraktor agar melakukan pembangunan sesuai dengan bestek dan pagu anggaran. Jangan bermain dengan anggaran demi keuntungan banyak, kerjakan pembangunan secara benar, karena pemerintah membutuhkan bangunan yang berkualitas sesuai anggaran, bukan asal jadi,” pinta Samsul.

Samsul juga menambahkan, selain pembangunan peningkatan saluran irigasi Meurandeh tersebut, dirinya juga melakukan pengawasan terhadap seluruh pembangunan lainnya di Kota Langsa.

Sementara itu, berdasarkan plang proyek yang dipasang di lokasi pembangunan, tertulis bahwa nomor kontrak proyek : 01/SPK/KPA-KL/PG-DAK/V/2018, tertanggal 28 Mei 2018. Nama kegiatan peningkatan saluran irigasi di Meurandeh saluran primer jaringan (saluran dan bangunan pelengkap) Kecamatan Langsa Lama dengan pagu anggaran Rp 2.547.000.000 sumber dana DAK Penugasan Bidang Irigasi dan limit waktu 30 Mei 2018 – 26 November 2018.

Komentar

Berita Terbaru