oleh

Pemblokiran Bertahap Jika Pelanggan Seluler Prabayar Belum Registrasi

PENANEGERI, Techno- Bagi para pelanggan seluler prabayar diwajibkan melakukan registrasi hingga tanggal 28 Februari 2018, jika belum registrasi maka akan dilakukan pemblokiran secara bertahap.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Ahmad M Ramli mengatakan, setelah tanggal 28 Februari 2018 warga yang belum melakukan registrasi akan diberikan masa tenggang selama 60 hari ke depan.

“Kalau hingga 28 Februari 2018 dia tidak mendaftarkan registrasi, pada saat itulah mulai dihitung 30 hari sejak tanggal 28 registrasi,” ujar Dirjen PP Ahmad M Ramli, di Kampus ITB, Kota Bandung, Senin (26/2).

Selama masa tenggang 30 hari itu, layanan tetap normal.

Namun harap diingat, setelah masa tenggang 30 hari berlalu, jika pelanggan seluler prabayar belum melakukan  registrasi maka akan dilakukan pemblokiran layanan outgoing call (layanan panggilan keluar) dan outgoing SMS (layanan pesan singkat keluar) pada tanggal 30 Maret 2018.

Sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 Tahun 2017 bahwa tahap-tahap pemblokiran tersebut dimulai dari pemblokiran panggilan keluar (outgoing call) dan pesan singkat keluar (outgoing SMS).

Baca Juga  Registrasi Kartu SIM (Subscriber Identification Module) Agar Tidak kena Blokir

Lalu,  tahap kedua pemblokiran layanan data internet akan dirasakan pelanggan, apabila tidak melakukan registrasi paling lambat 15 hari kalender yang terhitung sejak pemblokiran layanan incoming call dan incoming SMS.

Kemudian menyusul tahap ketiga, yakni pemblokiran layanan data internet yang akan diterapkan 15 hari sejak tahap pemblokiran kedua apabila pelanggan masih belum melakukan registrasi.

“Outgoing call dan sms-nya ditutup. Tapi kalau dia terima telepon bisa sejak 15 hari ditutupnya outgoing call. Sejak 15 hari tidak juga melakukan registrasi paket internet datanya kami blokir,” ujar dia.

Dengan demikian, SIM Card bisa dikatakan tidak lagi berfungsi.

Namun  selama masa pemblokiran tersebut, pelanggan masih bisa melakukan registrasi kartu seluler prabayar miliknya, baik itu dilakukan melalui SMS ke nomor 4444, maupun melalui website.

Pelanggan juga dapat melakukan registrasi dengan mendatangi gerai masing-masing operator seluler. Persyaratannya adalah hanya menyertakan informasi NIK (Nomer Induk Kependudukan) dan nomer KK (Kartu Keluarga). (*)

Komentar

Berita Terbaru