oleh

Pemerintah ingin Turunkan Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras Medium

PENANEGERI, Jakarta – Pemerintah menginginkan untuk menurunkan harga eceran tertinggi (HET) beras medium.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin agar harga beras bisa lebih murah dari HET saat ini yang sebesar Rp 9.450/kg.

Presiden menginginkan harga beras bisa lebih murah lagi. Dimana saat ini harga eceran tertinggi untuk beras medium sebesar Rp 9.450 per kilogram.

“Ini harga beras oke oke saja sebenarnya. Tapi bapak presiden memang tiba tiba ingin sekali supaya (harga beras) lebih murah dari HET. Pusing saya. Nah itu yang ingin di bawah HET,” ujar  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution kepada wartawan setelah rapat kerja nasional bersama Gubernur 26 Provinsi untuk membahas Penyelesaian Permasalahan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH), di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (5/6).

Menko Darmin kemudian berangkat menuju ke Istana karena dipanggil Presiden Jokowi untuk rapat bersama.

“Saya kelihatannya harus ke istana untuk pekerjaan lain bersama menteri perdagangan dan menteri pertanian,” ujarnya.

Baca Juga  Pemerintah Diminta Tegas terhadap Facebook

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa akan menurunkan harga eceran tertinggi (HET) beras kualitas medium yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp 9.450 per kilogram. Rencana tersebut akan dilaksanakan pekan depan, kata Mendag di Jakarta, Jumat (1/6) lalu.

Menurutnya, suplai beras saat ini sudah siap dan HET beras rencananya akan diturunkan menjadi Rp 8.900 per kilogram dalam upaya pemerintah agar harga beras dapat lebih terjangkau oleh masyarakat. (*)

Komentar

Berita Terbaru