oleh

Pererat Silaturrahmi, Masyarakat Kute Bukit Gelar Saman Bejamu Roa Lo Roa Ingi

PENANEGERI, Gayo Lues – Guna mempererat jalinan silaturrahmi melalui kesenian asli Gayo, masyarakat Kampung Kute Bukit Kecamatan Blangpegayon, Gayo Lues dan warga Desa Jamur Lak-lak, Kecamatan Badar, Aceh Tenggara, menggelar Tari Saman Bejamu Roa Lo Roa Ingi (Saman dua hari dua malam), di Desa Kute Bukit.

“Alhamdulillah, hari ini kami akan menyambut tamu Saman Roa Lo Roa Ingi, dari Kampung Lak-lak Aceh Tenggara. Dan sebagai tuan rumah, kami sudah siap 100 persen untuk menyambut saudara kami itu,” kata Ketua Pemuda Kampung Kute Bukit, Teuku Ramli, kepada Penanegeri.com, Sabtu (3/11).

Ramli juga mengungkapkan, Tari Saman merupakan kesenian asli Gayo dan sudah mendarah daging ditengah-tengah masyarakat empat Kabupaten, baik masyarakat Aceh Tengah, Bener Meriah dan Aceh Tenggara. Terlebih masyarakat Kabupaten Gayo Lues, yang notabene sebagai pemilik asli Kesenian Tari Saman.

“Dikeempat Kabupaten tersebut, Saman bejamu ini sudah menjadi budaya, bahkan Saman bejamu kerap dilakukan dari satu hari satu malam hingga tiga hari tiga malam. Namun kebiasaannya, Saman bejamu tiga hari tiga malam, dilakukan jika tamu yang datang dari Kabupaten jauh, seperti, Bener Meriah dan Lukup Serba Jadi Aceh Timur,” papar Ramli.

Oleh sebab, sambungnya, Tari Saman yang sudah diakui UNESCO sebagai budaya dunia tak benda ini, tidak bisa dimainkan oleh sembarang orang, terlebih wanita, karena hal itu sangat tabu ditengah-tengah masyarakat Gayo Lues.  Untuk itu, masyarakat luas juga harus mengerti, mana Tari Saman yang asli dan mana yang palsu alias mengatasnamakan Tari Saman.

“Mana mungkin wanita diperkenankan memainkan Tari Saman Gayo Lues yang memiliki pukulan kuat pada bagian dada para penarinya,” jelas Teuku Ramli.

Dilokasi berbeda, Pengulu Kampung Kute Bukit, Rabusah mengakui, selama dirinya menjadi pimpinan di Kampung Kute Bukit, baru kali ini Saman Roa Lo Roa Ingi digelar. Karenanya, sebagai pimpinan Desa, Rabusah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mempersiapkan kegiatan ini dengan bersusah payah, terutama kepada para pemuda dan pemudi, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru