oleh

Peringati Hari Pahlawan, Komunitas TurunTangan Buka Taman Baca “Alue Baca” di Taman Riyadhah

-Aceh-12 views

PENANEGERI, Lhokseumawe – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November, komunitas relawan TurunTangan (TT) Lhokseumawe membuka taman baca “Aleu Baca” di Taman Riyadhah, Lhokseumawe, Sabtu (10/11).

Taman baca ini dihiasi foto-foto para Pahlawan Nasional dari Aceh, seperti Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, Laksamana Malahayati, Teuku Umar, Teuku Chik Di Tiro, Tgk. M. Hasan, Teuku Nyak Arif, dan Sultan Iskandar Muda.

“Hari ini kami ingin memperkenalkan kembali sosok pahlawan-pahlawan kepada masyarakat. Kita juga mengajak pemuda-pemudi Kota Lhokseumawe berkumpul untuk menceritakan dan mengenang tokoh-tokoh pahlawan nasional asal Aceh bersama-sama,” ungkap Ketua Pelaksana Alue Baca, Meutia kepada Penanegeri.com, Sabtu (10/11).

Menurutnya, kegiatan tersebut digelar untuk menggerakkan literasi masyarakat Kota Lhokseumawe. Namun, dalam moment peringatan hari pahlawan ini, ia bersama komunitas TT menambahkan buku-buku serta beberapa gambar tokoh pahlawan.

“Taman “Aleu Baca” biasanya hanya memamerkan buku-buku bacaan anak, buku mewarnai serta buku pengetahuan untuk remaja dan dewasa. Tapi hari ini special kita kemas dengan gambar-gambar pahlawan,” terang Meutia.

Baca Juga  Peringati Hari Pahlawan, Walikota Langsa Berikan Hadiah kepada Veteran

Koordinator Komunitas TurunTangan Lhokseumawe, Ichsan Abda menambahkan, kegiatan Aleu Baca kali ini merupakan kegiatan ke empat yang digelar. Taman Alue Baca diharapkan dapat meningkatkan minat baca generasi muda di kota Lhokseumawe.

“Kita tahu bahwa minat baca di Indonesia khususnya Aceh sangat memprihatinkan. Masih banyak generasi muda yang malas membaca, dan ini dapat mempengaruhi indeks kecerdasan,” tuturnya.

Untuk itu, lanjut Ichsan, taman Alue Baca terus berupaya mengembangkan minat baca masyarakat dengan hadir di tempat-tempat terbuka umum seperti taman kota.

“Kedepannya, kami harap dapat bekerjasama dengan pemerintah kota dan donatur terkait, kiranya dapat mengupdate buku-buku yang menarik minat pembaca,” tandas Ichsan.

Komentar

Berita Terbaru