oleh

Perjuangan Satgas Kesehatan TNI untuk Kepentingan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Asmat

PENANEGERI, Kesehatan – Kapten Kes dr. Tri Supriyanto, Sp.PD yang merupakan salah satu dari 19 anggota Tim III Satgakes (satgas kesehatan) dari Puskes TNI adalah seorang ahli Penyakit Dalam yang sehari-harinya bekerja sebagai dokter spesialis di RSAU dr. Dody Sardjoto Makassar.

Pada saat misi Tim Kesehatan Lapangan berangkat ke sepuluh distrik tanggal 25 Februari 2018 yang lalu, maka semua dokter umum satgas telah bergerak ke distrik-distrik di Asmat, sehingga tidak ada yang tersisa di kota Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

Sementara itu, Puskesmas Agats yang merupakan satu-satunya pusat layanan primer di Kota Agats tidak mempunyai dokter umum.

Untuk itu maka, Letkol dr. Aminuddin Harahap, Sp.A, M.Tr. Hanla selaku Dantimkes III memerintahkan Kapten dr. Tri untuk memberikan pelayanan di Puskesmas Agats tersebut dengan mempertimbangkan kepentingan pelayanan kesehatan masyarakat.

Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan walau bagaimanapun harus berjalan.

Selain itu yang menjadi pertimbangan adalah pada tingkat layanan lanjutan di RSUD Agats sudah ada dokter spesialis Penyakit Dalam sehingga beban kerja untuk pelayanan di rumah sakit dapat berbagi.

Baca Juga  Pangdam I/Bukit Barisan Kunjungi Satgas Yonif 121/MK Di Perbatasan RI-PNG

Pemberian pelayanan di Puskesmas Agats oleh Kapten dr. Tri tentunya oleh Dantimkes III sudah dikoordinasikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat selaku regulator pelayanan kesehatan.

“Dengan persetujuan tersebut maka pelayanan di Puskesmas Agats berjalan dengan baik yang ‘dipiloti; oleh seorang Perwira TNI AU Kapten dr. Tri Supriyanto, Sp.PD seorang dokter penyakit dalam, tentunya ini sebuah perjuangan TNI untuk kesehatan masyarakat Papua,” tutur Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi dalam siaran persnya, hari Sabtu (3/3). (*)

Komentar

Berita Terbaru