oleh

Pernikahan Sempat Ricuh karena Amukan Orang Tua

PENANEGERI, Solo – Pernikahan pasangan Aditya Bagus Febriantono dengan Ratri Listyorini yang digelar di sebuah rumah makan di Solo pada Jumat (26/1) sempat ricuh pada awalnya.

Awal kericuhan sempat terjadi saat acara pernikahan Aditya Bagus Febriantono dan Ratri Listyorini, baru hendak melaksanakan ijab-qobul yang  digelar resto Pring Sewu, Jajar, Laweyan, Solo, pada Jumat (26/1) pagi.

Acara sakral ini  sempat terhenti karena orang tua calon pengantin pria Aditya, yakni Sumarso dan Endang, tiba-tiba datang untuk membatalkan pernikahan.

Sempat gaduh dan sedikit heboh, akhirnya petugas Satuan Shabara Polresta Solo tiba dan membawa kedua calon mempelai dan keluarga ke Kantor Polsek Laweyan Solo.

Mediasi kemudian dilakukan dengan dipimpin oleh Kapolsek Laweyan, Solo.

Mediasi yang berjalan sekitar 30 menit itu akhirnya selesai.

Usai mediasi, Endang mengungkapkan, tetap tak setuju jika anaknya menikah dengan Ratri.

Ia menilai Ratri perempuan tidak benar.

Namun, keterangan Kapolsek Laweyan, Kompol Santoso, persyaratan pernikahan di KUA Laweyan telah lengkap dan akad nikah dapat digelar.

Dikutip dari akun Instagram @polseklaweyan, hal tersebut lantaran orang tua pengantin pihak laki-laki tidak setuju dengan pernikahan anaknya.

Baca Juga  Ribuan Relawan Projo Berangkat ke Solo Menghadiri Pernikahan Putri Presiden Jokowi

Kejadian bermula saat ijab qobul hendak dilakukan, ibu mempelai laki-laki tiba-tiba datang dan mengamuk.

Dalam video viral yang beredar, ibu tersebut memarahi anak laki-lakinya yang tetap memaksa akan menikah.

Sang Ibu  terlihat marah-marah dan mengatakan jika dari awal sudah tidak menyetujui pernikahan tersebut.

“Dari awal sudah tidak setuju, kenapa tetap dilakukan, ini tidak boleh terlaksana, tidak boleh terlaksana!, saya tidak mau ya tidak mau, dari pertama sudah tidak setuju ya tidak setuju,” kata ibu tersebut dengan marah-marah.

Sang Ibu tersebut bahkan menyumpahi anaknya.

“Sampai kamu nekat (berbicara kepada anaknya), ibu sumpahin kamu, dengarnya, jika nanti istrimu melahirkan, kalau tidak mati sama anakmu, ya anakmu nanti yang cacat kalau selamat, dengar, ini sumpah ibumu yang melahirkanmu, yang membesarkanmu dan menyekolahkanmu,” kata ibu mempelai laki-laki dengan emosional.

Dari video tersebut tampak beberapa anggota polisi berpakaian lengkap datang untuk mengamankan dan menenangkan mereka semua.

Akhirnya pihak Polsek Laweyan membawa mereka ke kantor polisi untuk dilakukan mediasi.

Mediasi tersebut dipimpin oleh Kapolsek Laweyan Kompol Santoso, SE, MH.

Baca Juga  Ribuan Relawan Projo Berangkat ke Solo Menghadiri Pernikahan Putri Presiden Jokowi

Dalam mediasi tersebut turut hadir pihak keluarga pengantin laki-laki dan perempuan, penghulu dari KUA Laweyan serta konsultan atau pengacara dari pihak pengantin laki-laki.

Meski sudah dilakukan mediasi dengan berbagai pihak, tetap tidak temukan titik temu dari permasalah tersebut. Akhirnya prosesi “Ijab Kabul “pun  dilaksanakan di Polsek Laweyan

Meski tidak menemukan titik temu, namun pernikahan akhirnya tetap dilaksanakan karena semua persyaratan telah lengkap terpenuhi.

Pernikahan Aditya Bagus Febriantono bin Sumarso dengan Ratri Listyorini Binti Bejo Kustino akhirnya terlaksana meski tanpa restu pihak keluarga pengantin laki-laki, Jumat (26/1).

Prosesi Ijab Qobul dilaksanakan di Polsek Laweyan dengan Penghulu Hadi Muhammad dari KUA Laweyan Surakarta.

Kapolsek Laweyan Kompol Santoso, SE, MH sudah  berusaha memediasi permasalahan ini namun rupanya pihak keluarga pengantin laki-laki bersikukuh menolak merestui.

“Pernikahan tetap dilaksanakan karena mempelai laki-laki telah dewasa untuk menentukan pilihannya sendiri dan persyaratannya lengkap terpenuhi. Selanjutnya kedua mempelai meminta pelaksanaan Ijab Qobul di Polsek Laweyan, dan kita fasilitasi”, tutur Kapolsek.

Prosesi Ijab Qobul dilaksanakan di Polsek Laweyan dengan Penghulu Hadi Muhammad dari KUA Laweyan Surakarta.

Maka peristiwa sosial ini pun mendadak menjadi viral di media sosial dan rata-rata para warganet mendukung kebijakan dari  pihak kepolisian Jawa tengah yang memediasi masalah ini agar tidak menjadi kericuhan sosial. Juga para warga net terpantau memberikan dorongan semangat kepada mempelai yang berbahagia.

Baca Juga  Ribuan Relawan Projo Berangkat ke Solo Menghadiri Pernikahan Putri Presiden Jokowi

Dipantau dari hashtag #thebestpol #poldajateng#polrestasurakarta #polseklaweyan #drama#pernikahan #takdirestui
 • gempapamamadramatis sekali
• duiyan.13Buat pengantin semoga bahagia,menjadi keluarga samawa.tp jangan pernah menyerah seiring berjalannya waktu teruslah coba minta restu kedua orang tua,saya yakin dengan niat tulus mas pasti suatu saat ortu akan merestui kalian,amin
• mamy_yovensedih bngt lihat,,
• mamy_yovenperjuangan yg sngt luar biasa itulah kekuatan cinta meski seribu cara dihadang kekuatan cinta bs mengalahkan segalanya. semangat buat ke 2 mempelai smg langgeng hingga akhir hayat nya.
• adhit24_Ngnti koyo drama korea … SAMAWA mas broo… 

 Begitulah ucapan tulus ikhlas para warganet membanjiri untuk memberikan doa dan dukungannya kepada pasangan mempelai yang terlihat berbahagia.  Juga para warganet memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap sikap bijak dan penuh rasa kemanusiaan yang telah ditunjukkan pihak kepolisian untuk memediasi masalah sosial ini. (*)

Komentar

Berita Terbaru