oleh

Pertanyakan Proses Perekrutan Rektor, Sejumlah Mahasiswa IAIN Langsa Gelar Aksi Damai

PENANEGERI, Langsa – Sejumlah mahasiswa IAIN Langsa menggelar aksi damai di depan kampus setempat. Aksi tersebut digelar untuk mempertanyakan secara jelas proses perekrutan Balon Rektor kampus setempat kepada Panitia Seleksi (Pansel).

Pasalnya, mereka menduga bahwa jika Pansel tidak menjalankan aturan secara benar terkait proses rekrutmen Balon Rektor IAIN Langsa periode 2019-2023 yang baru sampai pada tahap penyeleksian administrasi.

Dimana, sambil membawa poster, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam solidaritas mahasiswa peduli IAIN Langsa, melakukan orasi didepan halaman kampus setempat.

Pada kesempatan itu, Koordinator Lapangan, M Ali, menyampaikan tuntutannya yakni panitia seleksi harus melakukan verifikasi ulang kelengkapan berkas persyaratan administrasi bakal calon Rektor periode 2019-2023.

Mereka meminta Pansel membatalkan pengumuman hasil seleksi administrasi bakal calon Rektor dan menunda tahapan penjaringan bakal calon Rektoor periode 2019-2023 serta meminta agar Rektor mencabut SK pengangkatan Pansel Balon Rektor periode 2019-2023, karena dinilai tidak independen dan sarat konspirasi.

IAIN Langsa
(Penanegeri/M Rizal) : Ketua Pansel Balon Rektor IAIN Langsa, Ibnu Sakdan didampingi Warek II, Iqbal Ibrahim dan Sekretaris Pansel, Dedek Hendrik, saat melakukan pertemuan dengan sejumlah mahasiswa, Senin (5/11).

Awalnya aksi mahasiswa ini disambut oleh Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Administrasi IAIN Langsa, Iqbal Ibrahim. Namun, selanjutnya, Iqbal Ibrahim memfasilitasi mahasiswa itu bertemu dengan Ketua Panitia Seleksi Balon Rektor IAIN Langsa, Drs H Ibnu Sakdan, M.Pd, dan Sekretaris Pansel, Dedek Hendrik, dilantai dua salah satu ruangan kampus tersebut.

Baca Juga  Wakili Indonesia, Mahasiswa IAIN Langsa ikut MTQ Internasional ke Turki

Dihadapan sejumlah mahasiswa, Ibnu Sakda menegaskan, bahwa mereka telah bekerja sesuai dengan SK Rektor. Dimana, dalam SK itu, mengamanahkan kepada Pansel untuk melakukan penjaringan Balon Rektor IAIN Langsa periode 2019-2023.

Serta memberitahukan dibukanya pendaftaran bacal calon Rektor IAIN Langsa dan ini sudah disampaikan ke 56 Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia, tanggal 5 Oktober 2018.

“Jadi panitia sudah bekerja sejak 5 Oktober dengan menyebarkan pengumuman ke 56 perguruan tinggi tersebut,” ujarnya.

Kemudian, masa pendaftaran dibuka mulai dari 15 sampai 26 Oktober 2018, maka dengan waktu itu maka cukup bagi bakal calon untuk memenuhi syarat. Selain itu panitia tidak ada kewajiban untuk memberitahukan atau menghubungi bakal calon jika ada yang tidak lengkap syarat.

“Kami bekerja sesuai aturan dan dalam peraturan tidak ada memerintahkan panitia untuk menghubungi bakal calon jika ada yang tidak lengkap syarat,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru