oleh

Perusahaan Wajib Penuhi BPJS Ketenagakerjaan Kepada Buruh

-Aceh-15 views

PENANEGERI, Langsa – Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bagi buruh yang bekerja pada sebuah perusahaan atau instansi berbadan hukum, merupakan hak yang wajib dipenuhi oleh pemberi kerja kepada setiap buruh atau pekerjanya.

Hal ini sudah ditetapkan dalam Undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS, disana disebutkan bahwa pemberi kerja atau pelaku usaha secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada BPJS sesuai dengan program Jaminan Sosial yang diikuti.

Demikian disampaikan, Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) Aneuk Nanggroe Kota Langsa, Danil Putra Arisandy, M.Kom.I, Rabu (2/5).

Ia menjelaskan, pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi karyawan (buruh_red) merupakan salah satu upaya meningkatkan jaminan kesejahteraan sosial bagi buruh. Terutama dalam program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, sehingga para pekerja dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya mendapatkan kepastian perlindungan dari perusahaan.

Sehingga, katanya, apapun resiko kerja yang dialami pekerja nantinya akan mendapatkan kompensasi jaminan yang layak sebagai pekerja. Bahkan keluarga sebagai ahli waris bila pekerja mengalami kecelakaan cacat tetap atau meninggal akan mendapatkan jaminan santunan.

Baca Juga  Masyarakat Diminta Waspadai Penipuan SMS Mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan

“Tapi sayangnya saat ini masih banyak perusahaan, instansi dan pelaku usaha berbadan hukum lainnya yang mempekerjakan karyawan tidak mendaftarkan pekerjanya pada BPJS. Karenanya, kita sangat mengharapkan BPJS untuk menjemput bola kepada perusahaan atau instansi tersebut agar mendaftarkan pekerjanya pada BPJS,” tutupnya.

Komentar

Berita Terbaru