oleh

Philippe Coutinho Resmi Milik Barcelona

PENANEGERI, Sepakbola – Barcelona telah membuat pernyataan resmi terkait penandatanganan Philippe Coutinho dari Liverpool. Playmaker Brasil tersebut juga dilaporkan telah menyelesaikan peralihan ke Camp Nou dengan biaya sebesar £ 142 juta, seperti dilansir laman BBC, Minggu (7/1).

Diketahui sebelumnya bahwa raksasa Catalan telah mengejar pemain Brasil itu sejak jendela transfer musim panas, tepatnya setelah penjualan Neymar ke Paris Saint-Germain sebesar £ 200 juta. Namun, Liverpool menolak tiga tawaran besar untuk pemain berusia 25 tahun tersebut.

Coutinho juga dikabarkan sangat antusias untuk pindah ke Camp Nou dan bahkan telah mengajukan permintaan transfer ke Liverpool di musim panas. Tapi, klub Merseyside itu menunjukkan tekad yang besar dan tidak beranjak dari keputusan untuk mempertahankan si pemain.

Namun, Liverpool kini telah menerima tawaran besar dari Barcelona, yang akan menjadikan Coutinho sebagai pemain termahal ketiga di dunia, setelah Neymar dan Mbappe yang akan dipermanenkan PSG akhir musim ini.

Liverpool menandatangani Coutinho dari Inter Milan pada Januari 2013, dengan harga £ 10 juta. Pemain asal Brasil itu pun berkembang sebagai salah satu pemain andalan The Reds di era Brendan Rodgers dan tetap konsisten dibawah kepelatihan Jurgen Klopp.

Baca Juga  Thiago Alcantara Buka Peluang Kembali ke Barcelona

Meskipun kecewa dengan kegagalan transfer di musim panas, Coutinho menunjukkan keinginan kuat untuk pergi sambl menunjukkan sikap profesional untuk Liverpool sepanjang musim ini. Dalam 20 penampilan di semua kompetisi, dia mencetak 12 gol dan 9 assist.

Setelah langkah tersebut selesai, Coutinho tidak akan bisa mewakili Barcelona di Liga Champions musim ini, karena dia dikenakan peraturan tie-cup, karena sudah bermain untuk Liverpool dalam kompetisi yang sama.

Meski begitu, kedatangan mantan playmaker Inter tersebut bisa mengakhiri usaha Barcelona untuk mencari pengganti Andres Iniesta yang mendekati masa pensiun. Penambahan pemain itu juga akan menjadi pertanda baik bagi Iniesta, karena bebannya akan berkurang dalam jadwal pertandingan yang padat.

Terlebih lagi, Barcelona akan memiliki pemain utilitas lainnya karena Coutinho bisa dijadikan sebagai gelandang ataupun striker, bahkan di posisi sayap.

Komentar

Berita Terbaru