oleh

PKS Usulkan Lagi Pencopotan Fahri Hamzah dari DPR

PENANEGERI, Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Hal ini berdasarkan surat Fraksi PKS yang dibacakan dalam rapat paripurna DPR oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Senin (11/12).

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon mengungkapkan, hingga hari ini pimpinan DPR menerima enam surat di mana satu di antaranya berasal dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Keenam, surat dari pimpinan F PKS PKS 09/EXTFPKS/DPR RI/XII/2017 tertanggal 11 Desember 2017 perihal tindak lanjut surat DPP PKS,” ujarnya saat memimpin Rapat Paripurna DPR, Jakarta, Senin (11/12).

Berdasarkan surat Fraksi PKS perihal tindak lanjut surat DPP PKS bernomor 509/EXT-FPKS/DPRRI/XII/2017 tertulis bahwa fraksi PKS mengusulkan anggota Fraksi PKS Ledia Hanifa Amaliah sebagai Pimpinan DPR menggantikan Fahri Hamzah.

Pergantian Fahri, menurut surat itu, sesuai dengan Peraturan Tatib DPR Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tatib DPR. Tidak dijelaskan secara rinci alasan PKS kembali mengajukan pergantian tersebut.

PKS pernah meminta Ledia untuk menggantikan Fahri pada April 2016. Usulan pergantian dilakukan setelah Fahri dipecat dari seluruh keanggotaan PKS pada Maret 2016.

Surat pemecatan juga sebelumnya sudah pernah dilakukan oleh DPP PKS. Tapi DPR menyatakan belum bisa diproses karena masih ada gugatan di pengadilan. Hingga kini, Fahri Hamzah pun masih bisa menjabat sebagai wakil ketua DPR yang sah di parlemen

Sampai saat ini kasusnya masih berada di tingkat banding. Di tingkat PN Jaksel, Fahri Hamzah dimenangkan oleh hakim. (*)

Komentar

Berita Terbaru